Jika kita punya anak yang sangat tertarik sekali dengan yang namanya gadget, maka kita perlu membatasi pemakaiannya atau kalau perlu menjauhkannya dari anak-anak. Untuk itu, maka kita perlu mengajak anak untuk melakukan banyak hal dan bermain di luar.

Saat bermain di luar, tubuh anak akan banyak bergerak. Ia akan berlari, melompat, berguling-guling, bahkan sesekali memanjat sesuatu. Dengan begini, motorik kasar anak akan terlatih dengan sendirinya. Tidak seperti anak yang kecanduan gadget dan tidak bisa beralih dengan gadget kecuali saat sedang mandi atau tidur saja. Karena anak yang kecanduan gadget akan banyak duduk, diam, dan hanya menggerakkan jari-jarinya saja.

Selain itu, kita pun perlu waspada dengan dampak penggunaan gadget bagi anak, dan inilah alasan terkuat kenapa kita sebagai orang tua wajib mengajak anak untuk bermain di luar.

Back

1. Penurunan Perkembangan Otak

Saat anak masih balita, maka pertumbuhan otaknya sedang berkembang dengan sangat pesat. Oleh karena itu, berilah ia nutrisi yang baik, dalam bentuk asupan makanan ataupun asupan lainnya.

Namun apa yang terjadi dengan otak anak jika ia terpapar dengan gadget? Jika anak terpapar gadget, maka ia kurang peka dengan perubahan di lingkungannya. Dan ketika di usia sekolah nanti, maka fokusnya pun akan sangat lemah ketika belajar.

resepbayi.com
Back