Setiap orang pastilah suka ketika hidup dalam keadaan baik-baik saja, nyaman seolah tak ada hambatan.

Misalnya ada seorang anak yang telah lulus dari SMA akan tetapi ia tidak mau meneruskan ke tingkat perguruan tinggi di luar kota karena tidak mau jauh dari orang tuanya.

Padahal dia memiliki potensi yang luar biasa. Baginya, dia merasakan kenyamanan hidup dengan orang tua, yang setiap harinya tidak usah pusing memikirkan masalah makan dan keperluan lainnya.

Zona nyaman merupakan suatu keadaan dimana kita merasa nyaman karena kemampuan yang kita miliki melebihi dari tantangan yang dihadapi.

Keluar dari zona nyaman memang tidak semudah yang diucapkan, dalam praktiknya membutuhkan perjuangan.

Zona nyaman itu diibaratkan seperti karet, saat kamu tak berbuat apa-apa untuk keluar darinya, waktu akan membuatnya merenggang dan bertambah lebar.

Kamu harus melawan keinginanmu untuk tetap tinggal di zona ini. Mengapa demikian?

Inilah beberapa alasan kenapa kamu harus keluar dari zona nyaman.

1Menambah Wawasan

ats-tsaqofah.blogspot.com

Bagaikan katak dalam tempurung yang tidak bisa kemana-mana, ia hanya terkukung dalam satu ‘wadah’ tersebut.

Itulah salah satu gambaran bila kita hanya ‘nyaman’ berada di lingkungan ini. Jika kita tak bergerak dan keluar yang kita lihat hanyalah hal itu-itu saja.

Pengetahuan yang kita miliki terbatas, karena tidak mengenal dunia luar. Kenyamanan yang kita rasakan saat ini hanya memanjakan hidup kita.

Tak ada tantangan, tak ada pengalaman sehingga ilmu kehidupan ini sedikit. Padahal kita membutuhkan banyak ilmu dan pengalaman untuk mengarungi kehidupan ini.

2Meningkatkan Kedewasaan

effafarisya.blogspot.com

Ketika hidupmu berjalan monoton seolah tidak ada tantangan, nyaman dan biasa saja. Mungkin ada yang salah.

Sensasi kehidupan itu ketika ada tantangan. Sehingga nyala api semangatmu muncul. Jika hidupmu terasa biasa saja sebaiknya mulailah untuk keluar dari zona nyaman tersebut.

Berada di zona nyaman membuat tidak berkembang. Saat kamu keluar dari zona tersebut mungkin akan ada tantangan-tantangan yang harus kamu hadapi.

Nah, hal ini membuatmu menjadi lebih bijak dan dewasa. Karena ketika menghadapi berbagai tantangan hidup kamu akan terlatih untuk pandai dalam berpikir dan bersikap.

3Mental Kuat

ceostars.net

Orang yang terus berada di zona nyaman dengan segala hal kemudahan hidup yang di dapat membuat orang tersebut terkesan ‘manja’.

Ketika ia harus dihadapkan oleh hal yang tidak ia sukai secara tidak langsung ia akan ‘takut’ menghadapinya dengan kata lain bermental lemah.

Lain halnya, jika kamu hidup dengan penuh keberanian, keluar dari zona nyaman, maka segala tantangan atau masalah hidup bisa kamu atasi tanpa keraguan dan rasa takut.

4Banyak Teman

ydbp.ui.ac.id

Masih saja berada di lingkunganmu yang sekarang? Bergeraklah ketika kamu sudah terlalu ‘bosan’ dengan segala sesuatu yang ada di sekitarmu.

Memang berada di lingkungan ini tidak ada hal yang perlu di khawatirkan. Dan akan terasa “takut” jika harus pergi meninggalkannya.

Akan tetapi tidak ada salahnya bagimu untuk keluar dari zona nyaman. Kamu akan menemukan banyak teman baru.

Dari mereka kamu dapat saling berbagi cerita dan pengalaman. Memiliki banyak teman dapat memperluas rejeki juga lho.

Ada yang bilang teman adalah investasi masa depan, miliki teman sebanyak mungkin.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus keluar dari zona nyaman. Hidup ini terlalu indah jika hanya kamu jalani dengan ‘hal monoton’.