Kini Indonesia telah menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan pengguna facebook terbanyak di dunia. Hanya Amerika Serikat sebagai negara asal facebook saja yang berada di atas Indonesia. menurut salah satu sumber, pengguna di Indonesia telah mencapai 47 juta orang.

Para pengguna facebook di Indonesia sebagian besar berada pada usia produktif. Yaitu 41% pada usia 18-24 tahun, dan sebanyak 21% pada usia 25-34 tahun. Tentu hal ini memiliki sisi positif dan sisi negatif, baik secara individu maupun secara komunal sosial masyarakat Indonesia.

Nah, kira-kira sisi negatif apa saja yang perlu kamu ketahui dari penggunaan facebook secara berlebihan. Dengan mengetahuinya, diharapkan kamu bisa lebih bijak lagi memanfaatkan facebook sebagai sarana informasi dan komunikasimu selama ini.

1Mengurangi Tingkat Kepedulian Pada Sekitar

afrodigit.com

Aktifitas update status, comment, like, dan share seringkali membuatmu lupa waktu. Mengapa demikan? Karena pada saat kamu melakukan aktifitas ini, seolah-olah eksistensimu di dunia maya benar-benar mendapat pengakuan.

Bagaimana jadinya kalau kamu tidak membatasi waktu saat mengakses facebook. Apalagi jika ponsel androidmu menjalankan aplikasi facebook yang selalu update dengan semua aktifitas di akunmu. Bisa-bisa waktumu seharian banyak dihabiskan untuk facebook saja.

2Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

videohive.net

Fenomena ini juga kerap dialami oleh hampir setiap orang yang mulai merasakan keseruan memanfaatkan facebook. Seolah dunia hanya sebesar genggamanmu. Teman atau kenalanmu yang sudah lama tidak ketemu, akhirnya bisa terhubung kembali.

Hanya saja, jika kamu terlalu lama berkutat dengan mereka yang jauh melalui facebook hingga melupakan orang-orang yang kini berada di sekitarmu. Ini juga perlu menjadi perhatian. Apapun alasannya, bersosialisasi dengan orang di sekitarmu juga penting.

3Mengurangi Perhatianmu pada Keluarga dan Sahabat

boolokam.com

Penyakit sosial yang satu ini seringkali juga menjangkiti para pengguna aktif facebook. Mereka akan apatis pada keadaan sekitar. Contohnya saat kamu sedang seru-serunya bermain facebook, kemudian ibumu memintamu untuk melakukan sesuatu, justru umpatan yang kamu lontarkan.

Atau saat teman atau sahabatmu datang ke rumah, sedangkan saat itu kamu sedang asyik ngobrol dengan teman atau sahabatmu lamamu yang berada di tempat yang jauh, kamu pun akhirnya merasa kesal, bahkan memintanya untuk pulang. Aneh bukan?

4Data Pribadimu akan Tersebar Luas

mashable.com

Saking serunya, kadang kala kita mengunggah apapun yang kita lakukan tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Bahkan pada hal-hal yang sifatnya privasi. Seperti apa perasaanmu, apa yang sedang kamu lakukan, atau masalah pribadi yang sedang kamu alami sekarang.

Dan masih banyak lagi efek negatif yang bisa saja kamu alami saat terlalu asyik bermain facebook. Karena itu, mulai sekarang, cobalah untuk lebih bijak menggunakannya ya.