Inilah Alasan Kenapa Rasulullah Muhammad SAW Sangat Mencintai Abu Bakar Ash-Shiddiq

rinidwicahyanti.wordpress.com

Umat Islam di seluruh dunia pasti tak akan pernah melupakan sosok satu ini, seorang sahabat luar biasa sekaligus khalifah pertama Islam sepeninggal Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Nama Ash-Shiddiq disematkan di belakang namanya karena dia adalah orang yang selalu membenarkan apa yang disampaikan Rasulullah yang pastinya sesuatu yang selalu benar.

Dari zaman dia masih belum mengenal Islam, Abu Bakar adalah sosok yang telah dekat dengan Rasulullah. Bahkan dia adalah orang pertama yang menyatakan diri mengikuti Rasulullah ke dalam Islam.

Nah, dua kisah persahabatan antara Rasulullah dan Abu Bakar berikut ini akan membuatmu tahu mengapa Rasulullah sangat mencintai sahabatnya tersebut.

Bahkan dalam sebuah riwayat hadits shahih, Rasulullah bersabda bahwa jika beliau diminta untuk mengambil kekasih maka beliau akan memilih Abu Bakar tersebut.

1Abu Bakar Bahkan Dianggap Gila Saat Mengamini Kisah Isra’ Mi’raj

youtube.com

Pernah mendengar kisah tentang dimana Rasulullah diangkat oleh Allah menuju langit ke tujuh sekaligus melakukan perjalanan ghoib dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa?

Ya, itu adalah sebuah kisah yang wajib diimani oleh umat Muslim karena dari peristiwa tersebut lahirlah perintah Allah untuk hambaNya sholat lima waktu.

Namun saat Rasulullah menyampaikan kepada kaumnya kala itu, tak ada yang mempercayainya, dan semua mengatakan, “Muhammad telah gila!”.

Mereka mengatakan Rasulullah gila karena mereka menyadari bahwa Rasulullah tak pernah berbohong, sehingga jika beliau mengatakan hal yang tak masuk akal, mereka menuduh beliau gila.

Akan tetapi tidak dengan Abu Bakar, justru dia sangat meyakini apa yang dikatakan Rasulullah, “Jika Muhammad mengatakan hal tersebut, aku percaya, karena pasti hal tersebut benar.”.

Akhirnya semua orang ikut mengatainya gila, bahkan menjauhinya. Namun Abu Bakar tetap teguh pada pendiriannya, mempercayai sahabatnya, Rasulullah SAW.

2Abu Bakar Rela Digigit Ular Demi Menjaga Istirahatnya Rasulullah

duniasatwa.blogspot.com

Kisah yang tak kalah mengharukan dari persahabatan Rasulullah dan Abu Bakar adalah saat mereka berdua terjebak dalam gua gelap karena dikejar oleh musuh.

Kala itu Rasulullah sangat lelah dan dalam kondisi yang agak sakit pula, Abu Bakar menawarkan pangkuannya sebagai bantal bagi Rasulullah. Rasulullah kemudian terlelap di pangkuan sahabatnya itu.

Namun kemudian datang seekor ular. Ular itu mendatangi Abu Bakar dan Rasulullah.

Sebenarnya bisa saja Abu Bakar membangunkan Rasulullah sebelum ular itu sampai pada mereka, namun melihat Rasulullah yang amat terlelap, Abu Bakar tak tega membangunkannya.

Akhirnya ular tersebut menggigit kaki Abu Bakar. Abu Bakar berusaha menahan kesakitan, agar Rasulullah tak terbangun, namun dia semakin lama semakin tak kuat. Abu Bakar menangis.

Tangis yang berusaha ditahan itu membuat Rasulullah terbangun dan bertanya, akhirnya Abu Bakar mengaku bahwa ada ular yang telah menggigitnya.

Rasulullah ikut menangis dan segera membantu mengobati Abu Bakar, beliau juga terharu akan kasih sayang Abu Bakar yang luar biasa pada beliau.

Itulah dua kisah luar biasa tentang persahabatan antara Rasulullah dan Abu Bakar yang sangat menginspirasi.

Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita meneladani segala kisah kebaikan di masa Rasulullah hidup bersama para sahabat dahulu, dalam kehidupan sehari-hari, agar menjadi bekal kita di akhirat kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here