Dunia maya sedang menjadi tren di jaman ssekarang, tidak hanya para pemuda, tapi juga para orang tua dan anak-anak pun ketagihan dengan namanya internet khusunya medsos dunia maya.

Memang banyak sekali keuntungan dan manfaat dari internet, tidak hanya memperolah berita, mempercepat akses, mencari informasi pekerjaan bahkan sampai tempat mencari pasangan.

Melalui media sosial yang beragam, mereka semangat sekali untuk memperoleh informasi tentang seseorang, baik melalui chat atau akun seseorang. Biasanya dimulai dari perkenalan chat yang keterusan akhirnya merasa nyaman dan jadi pasangan.

Sayangnya mereka yang mencari pasangan lewat dunia maya tidak tau ternyata banyak resiko tinggi yang justru membahayakannya.

Banyak fakta yang sudah terjadi beberapa kali orang tertipu yang akhirnya tidak hanya hati yang kecewa tapi juga kehilangan sejumlah harta.

Mari kita simak bersama beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mencari pasangan lewat dunia maya

1Kamu Tidak Tahu Siapa Lawan Bicaramu

realhappiness.in

Ketika berinteraksi dengan akun media sosial tentu kamu akan melihat fotonya, membaca gaya bicaranya, melihat status-status atau tulisannya dan kamu bisa menyimpulkan bagaimana karakter seseorang lewat beberapa pengamatan kamu.

Tapi yang perlu kamu ketahui semua itu bisa saja hanya karangan belaka, foto bisa diganti, bisa diedit, tulisan bisa copas dan gaya bicara bisa dibuat. Jadi informasi yang kamu dapat bisa saja hanya kebohongan belaka.

Yang jelas kamu tidak tahu siapa lawan bicara kamu, bagaimana karakter aslinya, bagaimana kesehariannya, bagaimana sopan santunnya, budi pekerti, bagaimana dengan prang yang lebih tua dan lain sebagainya.

2Resiko Penipuan Tinggi

kompasiana.com

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa resiko penipuan di dunia maya itu sangat tinggi. Contoh kasus di Indonesia saja ada yang berkenalan dengan seorang wanita dan sampai menikah tapi ternyata wanita itu ternyata seorang lelaki yang menyamar.

Tidak hanya di Indonesia saja, banyak kasus di luar negeri yang terjadi, tertipu karena foto yang di pasang di akun profil. Bahkan dari mereka ada yang sampai mengirimkan sejumlah uang demi kekasihnya yang ternyata wajah aslinya tidak sama dengan fotonya.

Memang di media sosial banyak akun palsu, mulai dari pasang foto profil artis terkenal, pasang foto orang lain bahkan sampai pakai nama palsu.

3Privasi Jadi Terbuka

opensourceforu.efytimes.com

Ketika kamu sudah merasa saling suka dan saling menyatakan cinta, tentu dengan mudah kamu akan membuka rahasia kamu. Segala informasi tentang kamu mudah sekali dapat diperoleh orang lain. Bahkan bisa jadi sampai ke no pin rekening.

Bisa saja informasi kamu yang seharusnya itu menjadi privasi tapi terbuka bagi semua orang, orang lain dapat mengakses apa yang kamu punya dan ini bisa menjadi peluang kejahatan besar.

Salah satu contoh yang sudah terjadi adalah foto wanita yang di edit. Banyak foto wanita yang diunduh daru dunia maya akhirnya di edit oleh orang yang tidak bertanggung jawab, akhirnya sekarang banyak foto jadi meme, foto porno dan sebagainya.

Parahnya itu disebar ke dunia maya dan dilihat banyak orang. Akhirnya akan menjadi fitnah dan gosip yang besar.

4Bisa Mengarah Ke Kekerasan Fisik

psychoshare.com

Seperti poin pertama, ketika kamu tidak kenal siapa lawan bicara kamu. Ketika kamu ketemuan bisa saja ada niatan buruk dari orang itu. Bisa juga jadi ajang kesempatan untuk melakukan kekerasan.

Mungkin orang yang kamu temui ada niat untuk merampok, membunuh, memperkosa, atau bahkan bertemu dengan psikopat.

Waspadalah terutama jika kamu adalah seorang wanita, jangan pernah bertemu sendirian dengan orang yang hanya kamu kenal lewat dunia maya.
itulah beberapa bahaya ketika mencari pasangan di dunia maya, bagi wanita lebih hati-hati dan waspada, jika belum kenal betul orangnya jangan mau diajak ketemuan berdua saja.

Lagipula mencari jodoh atau pasangan tidak sesederhana lewat dunia maya. Semoga bermanfaat ya