Cuaca saat ini kadang memang tak bersahabat. Misalnya saja pada malam hari sering terasa gerah dan panas.

Hal ini membuatmu sulit untuk tidur. Dan biasanya salah satu cara yang dilakukan untuk mengusir panas dan gerah adalah dengan menyalakan kipas angin.

Terasa sejuk, tidur dengan kipas angin menyala. Apalagi kipas angin tersebut dihadapakan langsung pada tubuh, tubuhpun terasa bebas dari keringat yang menganggu waktu tidur.

Eits, tunggu dulu, sebenarnya hal tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh lho. Memang iya, kipas angin memberikan kesejukan namun itu hanya semu belaka.

Apa saja bahaya dari menyalakan kipas angin saat tidur?

1Membuat Sesak Napas Bahkan Meninggal Tiba-tiba

klik-sehat.com

Hawa yang panas dan gerah membuat tidur malam menjadi tidak nyaman. Hal yang kamu lakukan ialah menyalakan kipas angin dan langsung di hadapakan ke arahmu.

Jika hal ini sering dan bahkan setiap malam kamu lakuakan akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kekurangan oksigen bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kipas angin membuat udara yang ada di kamar hanya seolah diputar-putar disekitar kita saja, alias tidak ada pergantiannya.

Kamu bernafas, menghirup udara lalu mengeluarkannya, mengirup lagi udara sisa pernapasan sendiri. Kandungan udara sisa pernapasan adalah karbondioksida, ini yang menyebabakan sesak saat kamu tengah tidur.

2Membuat Kulit Kekurangan Air

www.laksani.com

Bukan menjadi solusi yang tepat, menggunakan kipas angin saat tidur untuk menghilangkan rasa gerah.

Memang tubuh yang berkeringat saat tdur merupakan hal yang sangat mengganggu. Akan tetapi berada pada kondisi yang dingin bisa menyebabkan tubuhmu kekurangan air.

Padahal 70% dari tubuh kita terdiri dari air, jika tubuh kekurangan air maka organ-organ yang ada di dalamnya tidak akan terjaga dengan baik.

Selain itu, kulit juga akan mengalami yang namanya kekurangan air. Ia membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

3Membuat Otot Terasa Nyeri dan Kaku

jellygamatgoldgplus.com

Menggunakan kipas angin ketika tidur di malam hari membuat suasana kamarmu menjadi dingin. Jika kamu sering melakukan kebiasaan tersebut, kondisi yang dingin itu membuat otot terasa nyeri dan kaku.

4Infeksi Saluran Pernapasan

www.betaraubd.com

Intinya jika kamu menyalakan kipas saat tidur malam akan membuat uadar yang ada di sekitarmu tidak dapat berganti.

Sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya penyebaran virus, bakteri ataupun kuman melalui udara. Nah, dalam keadaan tidur kamu secara langsung menghirup udara itu.

Udara yang sudah terkontaminasi tersebut bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

5Memicu Penyakit Bell’s Palsy

penpatah.blogspot.com

Adalah sindrom bell’s palsy, kelumpuhan wajah yang membuat seseorang kesulitan tersenyum ataupun tertawa karena adanya pembengkakan di daerah tertentu pada wajah.

Hal ini bisa disebabkan karena suhu dingin atau hembusan angin yang terus menerus mengenai wajah sehingga saraf menegang.

Nah, setelah mengetahui dampak-dampaknya sebaiknya kurangi kebiasaan menyalakan kipas angin semalaman pada waktu tidur. Bagaimana, masih mau menyalakan kipas saat tidur malam?