Semua hal di dunia ini tidak pernah ada yang abadi, begitu pula dengan bangunan-bangunan yang ada, walaupun dibangun dengan begitu megah dan kokohnya, tapi tetap saja suatu hari nanti akan mengalami kerusakan dan kehancuran.

Hal ini seperti bangunan-bangunan megah yang ada di India. Bangunan ini tidak hanya besar dan megah, namun bangunan-bangunan ini pun memiliki cerita sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh orang-orang India di zamannya.

Di antara bangunan-bangunan kuno di India, banyak di antaranya yang keberadaannya tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Sehingga kalau kita ingin mencari semua bangunan tua di sana, butuh waktu cukup lama untuk menemukannya.

Mungkin bagi sebagian kamu akan sulit membayangkan jenis bangunannya seperti apa. Jadi supaya kita pun bisa menikmati sisa keindahan dan kemegahan yang di maksud, langsung kita lihat saja yuk bangunannya!

1Mahila Bag Jhalra, Jodhpur, Rajasthan

architecturendesign.net

Ketika melihat foto bangunan ini, sekilas kita akan dihadapkan pada suguhan pemandangan berupa tangga yang berundak-undak. Di bagian luar, mungkin kita hanya melihat bangunan tua yang berlumut dan nampak tak terawat.

Namun, jika kita masuk ke dalam, maka kita akan melihat betapa arsitektur bangunan ini begitu luar biasa. Berdasarkan data mengenai bangunan ini, dulunya di tempat ini pun ada sistem irigasinya dan mampu menampung banyak air.

2Agrasen ki Baoli, Delhi

architecturendesign.net

Salah satu bangunan dengan arsitektur yang indah berikutnya adalah Agrasen ki Baoli yang terletak di kota Delhi ini. Aslinya bangunan ini adalah semua monumen situs Arkeologi.

Bangunan ini didirikan pada tahun 1958. Bangunan ini cukup megah dan besar, arsitekturnya pun begitu indah. Kamu pun perlu tahu bahwa bangunan ini memiliki panjang 60 meter dan luas 15 meter.

3Anonymous Baoli, Narnaul, Haryana

architecturendesign.net

Bangunan tua lainnya yang bisa kita kunjungi adalah Anonymous Baoli. Bahkan saking tua dan tidak terawatnya tempat ini, maka bagian dasar rumahnya yang menjorok ke dalam tanah pun terisi dengan air.

Dan yang membuat tempat ini lebih berkesan tua adalah warna airnya yang keruh dan hijau, sepertinya sudah tak terhitung ganggang hijau yang tumbuh dan berkembang di sana.

4Dada Harir Vav, Ahmedabad, Gujarat

architecturendesign.net

Melihat bangunan ini, jadi pengen bilang kalau orang-orang dulu itu keren. Tanpa menggunakan teknologi maju untuk membangun gedung, tapi bangunan semegah dan setinggi ini pun bisa dibangunnya.

Sekilas, gedung bertingkat ini tidak ada bedanya dengan gedung bertingkat yang sering kita temui sekarang. Namun bedanya bangunan ini tingkatnya ke bawah tanah. Mungkin lebih mirip dengan ruangan di bawah tanah.

5Mukundpura Baoli, Narnaul

architecturendesign.net

Nah foto bangunan yang satu ini sangat jelas memperlihatkan bahwa ada bangunan tersembunyi yang dibangun di bawah tanah, berarti dari dulu di India sudah mengenal intensifikasi lahan untuk membangun gedung ya!

Tapi sayang ya, bangunan megah nan mewah ini pada akhirnya rusak dan tidak terawat seperti ini. Kira-kira, bangunan-bangunan seperti ini masih bisa dimanfaatkan apa nggak ya!

6Helical Vav, Champaner, Gujarat

architecturendesign.net

Ini bangunan apa sumur ya, soalnya di dasar bangunan ini ada airnya. Dan yang membuat bangunan ini lebih eksotis adalah dengan keberadaan tangga-tangga yang meliuk-liuk. Melingkari dinding bangunan.

Kira-kira, dulunya bangunan-bangunan besar nan megah ini untuk apa ya? Kenapa ukurannya besar-besar? Dan butuh berapa lama yang membangunnya? Kan dulu teknologi belum secanggih sekarang.