Bekerja adalah sebuah kebutuhan manusia, yang memang harus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia bekerja demi mendapat upah, upah tersebut biasanya memang adalah uang, dan dengan uang tersebut manusia dapat membeli dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, bekerja juga menjadi sebuah sarana dalam belajar bersosialisasi dan bekerja kelompok dengan orang lain.

Selain itu alasan lain dari bekerja juga untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, sekaligus mendapat pengalaman hidup dan ilmu yang lebih banyak.

Salah satu pilihan untuk bekerja adalah menjadi seorang staf atau karyawan dalam sebuah perusahaan atau instansi, entah milik swasta atau pemerintah.

Dan di tengah perjalanannya, ada beberapa yang memutuskan mundur untuk tidak melanjutkan pekerjaan tersebut. Itulah dinamika kehidupan.

Dan inilah beberapa alasan paling populer kenapa seorang karyawan pada akhirnya memutuskan berhenti dari tempat kerjanya.

1Tidak Cocok dengan Atasan

www.suarawajarfm.com

Menjadi seorang anak buah, staf, atau karyawan, memang harus siap untuk diperintah dan dipimpin oleh atasan.

Selain karena ada sebuah sistem dan struktur yang menuntut kita seperti itu, kita juga selaku bawahan harus siap diketuai oleh seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya.

Namun banyak kasus memang yang menjadi salah satu alasan seorang karyawan mengundurkan diri, yaitu ketidakcocokan hubungan dengan atasan.

Bisa jadi atasannya terlalu mengintervensi dan mengintimidasinya, bisa juga memang ada permasalahan personal di luar pekerjaan.

2Tidak Cocok dengan Rekan Kerja

pijar.net

Nah, sama halnya dengan ketidakcocokan dengan atasan, hubungan yang tidak baik dengan sesama rekan kerja juga bisa membuat suasana dalam tempat kerja menjadi tidak nyaman sama sekali.

Setelah dirasa atasan tidak dapat membantu menyelesaikan, biasanya salah satu atau bahkan mungkin keduanya akan mengundurkan diri dari tempat kerja karena tidak tahan.

3Sakit-sakitan

beritadaerah.co.id

Kondisi ini memang tidak bisa disalahkan dan memang harus banyak istirahat, tidak boleh beraktivitas terlalu banyak.

Salah satu sebab karyawan harus beristirahat dengan tidak lagi bekerja di tempat kerjanya adalah karena akan mengganggu kesehatan tubuhnya serta juga bisa mengganggu keseimbangan kinerja.

Apalagi jika dia memiliki posisi penting, jika sering izin tidak masuk maka banyak pekerjaan yang akan terbengkalai.

4Menikah

www.infobacan.com

Biasanya ada beberapa perusahaan atau instansi yang masa kerjanya dalam rentang waktu sekian meminta kepada staf atau karyawannya untuk tidak menikah dahulu.

Nah, salah satu alasan paling populer seseorang keluar dari tempat kerjanya adalah karena peraturan tersebut, atau juga bisa karena memang dia ingin lebih fokus dengan pekerjaannya.

5Melanjutkan Pendidikan

blog.harukaedu.com

Pilihan untuk menempuh pendidikan dengan jengang yang lebih tinggi biasanya memang membutuhkan fokusan yang lebih penuh dan matang.

Beberapa karyawan yang memiliki orientasi tersebut takut kuliahnya terganggu hingga akhirnya mereka memutuskan untuk meninggalkan kerja sementara waktu masih menjalani kuliah.

Ada juga yang memilih keluar karena kampus yang menerimanya belajar di sana jauh lokasinya dari tempat kerja.

Nah, apapun alasannya, seorang karyawan yang hendak mengajukan pengunduran diri haruslah membahasakan dengan formal, halus, serta alasannya rasional atau dapat diterima.

Sehingga dengan mundurnya dia dari tempat kerja tidak akan menimbulkan masalah baik pada dirinya, atasannya, rekan kerjanya, bahkan tempat kerjanya tersebut.