Di era internet cepat seperti sekarang ini, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang yang tinggalnya berjauhan dengan kita. Jangankan hanya beda kota atau provinsi, beda negara pun bisa kita sambangi.

Tapi benarlah kiranya jika teknologi itu menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Pasalnya, dengan orang yang berbeda negara saja kita bisa sering berkomunikasi, tapi karena kesibukan kita, tetangga sebelah rumah pun jarang kita sapa, apalagi bertemu muka.

Dari fenomena di atas, maka kamu jangan kaget kalau ada orang yang tinggal satu komplek, bahkan satu blok, tapi tidak tahu jika ada yang bertanya nama tetangganya siapa. Miris kan?

Padahal kan, kalau terjadi apa-apa atas diri kita, maka orang yang pertama kali paling mungkin menolong kita adalah tetangga dekat rumah kita. Jadi, karena itulah kita perlu menjalin silaturahim dengan tetangga kita.

Bagi kamu yang merasa kesulitan bertemu dengan tetangga kamu, maka inilah beberapa tips agar kamu bisa bertemu dan punya alasan untuk bertemu dengan para tetangga. Bukan hanya dengan satu tetangga, tapi dengan banyak tetangga.

1Buatlah Syukuran dan Undanglah Tetanggamu

dewipangalila.wordpress.com

Salah satu cara untuk bertemu dengan tetangga adalah dengan mengundangnya datang ke rumahmu. Buatlah acara syukuran kecil-kecilan. Misalnya saja saat kamu mendapat promosi jabatan, aqiqah anak atau momen spesial lainnya.

Saat membuat acara syukuran, buatlah  acaranya tidak terlalu kaku, sehingga kamu punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan para tetangga kamu lebih dekat.

Jika kamu memulai hal seperti ini, maka jika tetanggamu mengadakan acara serupa, pasti ia akan memasukkan namamu di dalam salah satu daftar tetangga yang akan ia undang. Dengan demikian kesempatan kamu untuk bertemu tetangga semakin besar.

2Menjaga Rumah Tetangga Saat Mereka Bepergian

tamilstudiesconference2006.blogspot.com

Saat kita meninggalkan rumah dalam waktu lama, maka orang yang paling dapat kita percaya adalah tetangga. Untuk itu, jadilah tetangga yang baik, agar antar tetangga bisa sama-sama saling percaya dan saling menjaga.

Jika tetanggamu meninggalkan rumahnya dalam beberapa hari, maka kamu bisa menawarkan diri untuk menjaga rumahnya. Kamu pun bisa sekalian membersihkan rumput liar yang tumbuh di halaman rumah, saat mereka tidak ada.

3Berbagilah dengan Tetangga

tempatonlineku.net

Rasulullah mengajarkan kepada kita, apabila kita memasak masakan yang baunya sampai ke tetangga kita, maka perbanyaklah kuahnya, agar bisa berbagi dengan para tetangga.

Jika kita sering berbagi, maka secara tidak langsung kita telah mempererat tali ukhuwah dengan para tetangga. Dimulai dengan cara seperti ini, maka lama kelamaan kita bisa saling mengingatkan untuk melakukan kebaikan antar tetangga.

4Menjaga Anak-Anak Bersama

ideaonline.co.id

Saat hidup bertetangga, mau tidak mau kita pun akan berinteraksi dengan anak tetangga kita. Di sinilah kita bisa berperan sebagai tetangga yang baik, yaitu saling menjaga anak-anak, dengan cara memperhatikan ketika mereka bermain.

5Bantulah Tetangga Saat Ada Acara

giftafterwaiting.wordpress.com

Ketika tetanggamu sedang sibuk-sibuknya menyiapkan acara di rumahnya, misalnya saja acara syukuran, aqiqahan, arisan dan lain sebagainya, maka kamu sebagai tetangga sebaiknya membantunya.

Sekali lagi jadilah tetangga yang baik, yaitu dengan menjadi orang yang pertama kali bisa menolong mereka, saat mereka membutuhkan bantuan kita. Suatu hari nanti, kita pun akan butuh tetangga yang seperti itu.

6Menyapa Tetangga

muslimah.or.id

Jika kamu ingin dekat dengan tetangga, maka mau tidak mau kamu harus melakukan cara yang satu ini, yaitu menyapa tetanggamu. Kenapa begitu? Karena hal-hal sebelumnya tidak akan dapat terlaksana jika cara ini saja tidak kamu lakukan.