Gempa bumi adalah sebuah peristiwa dimana terjadi goncangan atau pergerakan yang menyebabkan tanah atau lapisan bumi bagian atas bergetar. Akibat hal tersebut, biasanya benda-benda yang ada di atasnya ikut pula terkena dampaknya.

Selain merusak infrastruktur, gempa bumi juga sering membuat lapisan tanah di bumi bagian paling atas bergeser.

Gempa bumi ini biasanya terjadi karena banyak hal. Seperti adanya pergerakan lempeng bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor, atau juga kejadian di luar bumi seperti hantaman meteor ke bumi.

Hal tersebut telah diketahu dengan luas di masa sekarang karena kemajuan teknologi.

Namun siapa sangka, bahwa di zaman dahulu sebelum ilmu teknologi berkembang sepesat saat ini, banyak mitos tentang terjadinya gempa bumi menyebar di berbagai kebudayaan masyarakat. Mau tahu apa saja mitos-mitos unik tersebut? Ini ulasannya.

1Legenda Hewan-hewan Penjaga Bumi ala India

alam.uniknya.com

Masyarakat India zaman dahulu percaya bahwa keseimbangan bumi kita ini dijaga oleh beberapa hewan. Hewan-hewan itu diantaranya adalah kura-kura, sapi, ular, babi, dan gajah.

Nah, ketika bumi bergoncang atau yang biasa disebut dengan gempa bumi, maka masyarakat India yang percaya akan legenda itu beranggapan bahwa salah satu hewan penjaga keseimbangan bumi tersebut sedang bergeser tempat atau bahkan berganti posisi.

Hmm, unik sekali ya?

2Legenda Loki dari Skandinavia

isnpoker.com

Kamu pernah menonton film The Avenger? Pasti tak asing lagi dengan tokoh Loki yang selalu gemar membuat kerusakan di muka bumi.

Nah, ternyata cerita tentang Loki ini tak hanya ada di The Avenger saja, namun bahkan menjadi sebuah legenda di masyarakat Skandinavia. Tentunya legenda ini ada kaitannya dengan penyebab terjadinya gempa bumi.

Konon menurut legenda, Loki mendapatkan sebuah hukuman setelah membunuh Balder, yaitu Dewa Kecantikan dan Cahaya. Hukuman Loki adalah dikurung di sebuah gua dan di atas kepalanya ada ular berbisa yang selalu meneteskan racun.

Gempa bumi terjadi, menurut legenda, karena saat racun si Ular mengenai kepala Loki, Loki akan mengejang kuat karena kesakitan. Sehingga goncangan tubuhnya itu ikut mengguncangkan bumi, maka terjadilah gempa bumi.

3Legenda Namazu dari Jepang

terselubungi.com

Bukan masyarakat Jepang namanya kalau tidak memiliki berbagai legenda atau mitos. Seperti halnya di belahan tempat yang lain, Jepang juga punya mitos atau legenda sendiri tentang penyebab gempa bumi.

Legenda itu bernama Namazu. Namazu sendiri adalah nama dari seekor lele raksasa yang disegel oleh Kashima, Dewa Perang. Namazu disegel di bagian bawah bumi, di bawah bebatuan.

Gempa bumi terjadi, anggapan dari mitos ini adalah karena si Namazu itu berontak saat segelanya melemah. Karena berontaknya si Lele, maka bumi ikut berguncang.

4Legenda Dewa Ruaumoko versi Selandia Baru

i.ytimg.com

Kalau orang hamil merasakan bayinya menendang-nendang itu wajar sekali pastinya, karena si Bayi sedang mengalami sebuah fase pergerakan di kandungan ibunya. Namun bagaimana jadinya jika fase kehamilan menjadi sebuah legenda?

Ya, bagi masyarakat suku Maori di Selandia Baru, gempa bumi dipercaya terjadi karena ada pengaruh fase tersebut.

Tepatnya adalah, karena bayi Dewa Bumi bernama Ru (Ruaumoko) dalam kandungan Bumi yang bernama Papatuanuku sedang menendang-nendang dalam kandungan ibunya.

5Bumi yang Demam ala Orang Mozambik

isnpoker.com

Kalau legenda atau mitos yang berkembang di kalangan masyarakat Mozambik beda lagi. Penyebab gempa bumi ini tak lain adalah karena bumi sedang sakit demam. Sehingga ketika bumi berguncang karena batuk, maka saat itu pula terjadilah gempa bumi.

Bagaimana? Unik-unik sekali bukan mitos yang berkembang di berbagai masyarakat dunia tentang gempa bumi? Namun, yang perlu kita ingat di masa teknologi yang telah berkembang sekarang adalah, semua isi alam semesta ini adalah milik Tuhan.

Sehingga apapun yang terjadi, terutama di bumi kita ini, tak ada yang tidak Tuhan ketahui.

SHARE