Pernah lihat burung hantu paling imut di dunia? Inilah dia Tawny Frogmouth. Tawny Frogmouth merupakan sejenis burung hantu yang berhabitat di Australia. Nama latin Tawny Frogmouth adalah Podargus strigoides.

Burung hantu ini memiliki mulut lebar dan berbulu lebat. Kalau diperhatikan, wajahnya menyerupai anak ayam.

Keunikan Tawny Frogmouth yakni memiliki warna bulu dan tekstur yang mirip dengan pohon. Kemampuan tersebut ia gunakan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh dan pemangsa.

Ketika ada mangsa datang dan hinggap di satu pohon yang sama dengannya, ia langsung menangkapnya. Mangsa itu kadang tidak menyadari kehadiran sang burung hantu.

Saking lucunya burung hantu Tawny Frogmouth, orang-orang mengadopsi performanya menjadi boneka dan beberapa aksesoris mini.

Kegemaran burung hantu yang satu ini yakni memakan nyamuk, lalat, ngengat, kumbang, cacing, dan hama lainnya.

Itulah sebabnya burung hantu banyak dipelihara petani di sana untuk mengusir dan membasmi hama yang menyerang sawah atau ladang mereka.

Keunikan lain dari burung hantu ini yaitu paruhnya yang menyerupai paruh kodok. Tak heran, ia juga disebut Frogmouth.

Di bawah ini merupakan foto-foto burung hantu Tawny dengan segala kelucuannya. Coba intip, yuk!

1Tawny Frogmouth Junior

boredpanda.com

Mereka adalah gerombolan burung hantu Tawny junior. Sepertinya baru berumur beberapa hari setelah menetas dari telur.

Kulitnya masih tipis, basah, dan belum lebat. Ukuran mereka pun masih kecil-kecil. Tapi, bola matanya menyala oranye dan besar.

Cakar burung hantu kecil ini sudah cukup kuat untuk berdiri di dahan pohon. Sayangnya, warna bulunya tidak sama dengan warna dahan pohon sehingga mudah bagi musuh untuk mendapatkannya.

2Bersembunyi di Atas Dahan

boredpanda.com

Seperti yang dibahas sebelumnya, burung hantu Tawny memiliki kelebihan pada warna bulunya. Coba perhatikan baik-baik, bulunya berwarna sama dengan dahan yang sedang ia hinggapi.

Tampaknya ia sedang bersembunyi dari kejaran musuhnya. Di balik gelapnya malam, burung ini tampak waspada.

Ekor matanya tajam dan mengawasi tiap pergerakan makhluk yang datang. Tapi, ia cukup aman, karena musuh pasti terkecoh dengan keberadaannya di atas dahan yang berwarna sama seperti bulu tebalnya.

3Tawny Junior yang Lucu

boredpanda.com

Kepala Tawny junior tiba-tiba muncul dari sarang burung kecoklatan. Warna bulunya putih salju dan sangat lembut. Matanya masih nampak sayu. Tatapannya belum setajam Tawny yang lainnya.

Barangkali karena baru menetas, burung hantu kecil ini masih nampak lemah. Guys, kalau kamu menemukan Tawny ini sendirian segera genggam ia di jemarimu agar tidak kedinginan.

boredpanda.com
boredpanda.com

Lihat! Betapa lucunya Tawny junior. Bulu yang halus dan seputih salju membuatnya semakin terlihat keren.

4Tawny Dewasa di Telapak Tangan

boredpanda.com

Kalau tadi kamu menggenggam anak burung hantu, sekarang cobalah meletakan Tawny dewasa di telapak tanganmu. Dia terlihat lebih besar ukurannya dibandingkan anak Tawny yang kamu genggam sebelumnya.

Warna kulitnya telah berubah menjadi keabu-abuan. Mata Tawny kian melebar dan tajam. Tapi, dia tampak jinak dan diam di dalam genggaman tangan.

5Sepasang Tawny Frogmouth

boredpanda.com

Biasanya yang kamu lihat adalah Tawny berbulu abu-abu atau serupa dahan. Namun, Tawny yang satu ini justru berbulu seputih salju. Kelembutan bulunya seperti kapas. Pernah membayangkan betapa halusnya Tawny ini?

Paruh Tawny putih bentuknya lebih runcing dan panjang dibandingkan Tawny lainnya. Ia semakin menawan tatkala membuka kedua paruhnya. Ada kesan keceriaan yang muncul di sana.

6Tawny di Ranting Pohon

boredpanda.com

Lihat betapa lucu burung hantu yang satu ini! Matanya melebar dengan paruh sedikit terbuka. Ia seolah sedang menyambut hari dengan penuh keceriaan.

SHARE