Inilah Cara Bijak Menyikapi Sebuah Berita yang Beredar di Era Digital Sekarang

Posted on

Era modern, dimana teknologi menjadi sebuah hal yang seolah bisa mengatur kehidupan manusia di muka bumi ini. Kebutuhan akan hal-hal berbau teknologi telah beralih seperti kebutuhan pokok atau utama.

Di masa digital sekarang, suatu berita bisa beredar dengan cepat seperti cahaya kilat, namun sayangnya justru membuat manusia semakin tidak waspada dan mudah terombang-ambing dalam provokasi.

Berita yang tidak jelas asal-usulnya disebarkan kesana-kemari dengan dalih informasi, namun sesungguhnya itu menyesatkan.

Ada pula berita yang hanya sebagai fitnah demi menghancurkan pihak lain yang tidak sependapat dengan si pembuat berita tersebut, jelas tujuannya adalah demarketing alias memburukkan citra orang lain.

Lalu, sebagai orang awam, kita yang tengah berada di tengah arus digital dan teknologi, menanggapi banyaknya berita yang beredar dengan kecepatan kilat tersebut, untuk memilah agar terhindar dari fitnah dan kesesatan bagaimana?

Berikut ini adalah cara bijak yang bisa kita lakukan:

Pertama, Cari Tau Sumbernya

DSC01538
jadiberita.com

Ada atau tidak sumber, valid atau tidak, menjadi suatu penguat tersendiri dari sebuah broadcast berita yang muncul di khalayak luas. Jika si pembuat berita tidak memiliki kapasitas, maka untuk apa dipercaya?

Bahkan jika ternyata dari berita atau artikel tersebut ternyata tak mencantumkan siapa pembuatnya, hanya anonym atau hamba Allah, lalu bagaimana berita tersebut bisa dipertanggungjawabkan?

Yang pasti pertama harus kita pastikan adalah adanya sumber yang terpercaya dan valid, sesuai kapasitasnya.

Kedua, Apakah Berita Tersebut Bermanfaat?

oppo-r5
hpterbaruberkualitas.blogspot.com

Jika sudah jelas darimana asalnya berita tersebut, dan tak diragukan lagi si pembuatnya, tanyakan pada diri kita sendiri apakah berita tersebut bermanfaat atau tidak?

Jika berita tersebut bermanfaat namun tak ada sumber jelas, lebih baik kita pikir dua kali untuk membagikannya ke khalayak luas karena jika terjadi hal-hal seperti tuduhan plagiasi atau lainnya, kita yang men-share yang akan dicari kan?

Namun jika sumbernya jelas akan tetapi artikel atau beritanya tak bermanfaat, untuk apa di share atau disebar? Sudah jelas bahwa tak ada satu keburukan pun yang layak disebarluaskan!

Ketiga, Pilih Sasaran yang Tepat

maps-while-driving-2
zopini.com

Berita atau artikel sudah memiliki sumber yang valid alias terpercaya, isinya juga bermanfaat, namun yang terakhir harus dipastikan adalah kemana kita akan menyebarkannya.

Jangan sampai berita tentang hal yang bersifat rahasia keluarga walau bermanfaat kemudian disebarkan ke kalangan rekan kerja. Atau berita yang bermanfaat tentang ajaran agama di share ke kalangan pemeluk agama lain.

Nah, dengan kehati-hatian tersebut, kita berarti sedang berusaha untuk berlaku bijak di tengah arus globalisasi saat ini. Semoga Tuhan menjaga kita dari fitnah dunia dan akhirat. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *