yukjossemarang.blogspot.com

Inilah Cara-Cara ‘Merayu’ Allah Agar Do’amu Dikabulkan

Posted on

Berdo’a kepada Allah itu, jika diibaratkan seperti seorang anak kecil yang tengah merengek kepada orangtuanya minta sesuatu.

Orangtuanya yang penuh dengan cinta dan kasih sayang akan tersentuh dan tak tega melihat anak kesayangannya tersebut menangis dan merengek.

Sehingga yang namanya orangtua pasti akan memberikan yang terbaik bagi anaknya, entah langsung dikabulkan, menunggu si anak diam dulu, atau menggantinya dengan barang yang lebih baik.

Begitulah Allah, dengan sifatnya yang Maha Kasih, Dia sesungguhnya tak pernah menolak do’a kita, entah Dia langsung mengabulkan, menunggu saat terbaik, atau menggantinya dengan yang lebih baik.

Seperti seorang anak yang hendak meminta uang kepada orangtuanya, jika ingin orangtuanya memberikan uang tersebut, maka sang Anak akan memintanya dengan sopan.

Begitupun saat kita sebagai hamba meminta sesuatu kepada Allah dalam do’a-do’a kita, kita harus bisa berlaku sopan kepadaNya, sebagai bentuk ‘rayuan’ agar Dia ridho dan mengabulkan do’a kita.

Nah, berikut ini adalah 4 cara yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan untuk ‘merayu’ Allah agar Dia ridho mengabulkan do’a-do’a terbaik kita untuk kehidupan ini

Ikhlas

assadullahrouf.wordpress.com

Memang praktik dari ikhlas itu jauh lebih sulit dari apa yang bisa diucapkan atau dituliskan. Ikhlas tak nampak di luar, namun begitu terasa dalam hati bagi yang telah berhasil menjalaninya.

Sebagai hamba, salah satu yang harus kita ingat adalah kita tak pernah memiliki apapun, karena bahkan diri kita pun milik Allah dan kelak akan kembali kepadaNya.

Sehingga dengan mengingat selalu hal tersebut, kita tak akan pernah menjadi makhluk sombong, termasuk saat berdo’a memohon kepadaNya.

Rasa ikhlas itu akan muncul seiring dengan semakin kuatnya kesadaran, bahwa memang hanya Allah lah yang berhak memutuskan segala sesuatunya.

Yakin Do’a Akan DiterimaNya

www.cangcut.net

Maksud dari yakin di sini bukan lantas membuat kita sombong dan merasa menjadi orang hebat. Namun yakin di sini adalah ketika hati kita mantap, bahwa permohonan baik kita akan disambut Allah.

Ingatlah selalu bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Penyayang, sehingga tak ada jarak antara suara do’amu denganNya. Optimislah, jika do’amu baik dan tulus, Allah pasti ridho.

Kusyu’

bkprmi-tomoni.blogspot.com

Sikap kusyu’ saat beribadah dan berdo’a kadang sulit sekali diterapkan. Hal tersebut karena kita masih sulit menghadirkan hati kita saat menjalankan hal tersebut.

Kita banyak melakukan ibadah dan do’a hanya sekedars ebagai penggugur kewajiban atau sekedar saat butuh saja.Padahal kita tahu bahwa tanpa berdo’a pun Allah telah tahu maksud hati kita.

Namun Dia menyuruh kita berdo’a karena Dia ingin kita lebih dekat dan terus dekat dengaNya. Maka hadirkanlah hati dan jiwa kita, seolah saat kita berdo’a, kita berada dekat sekali di hadapan Allah.

Berdo’a di Waktu Mustajab

dimaswidyatama.tumblr.com

Dan jurus ‘rayuan’ terakhir kepada Allah saat berdo’a adalah, carilah saat-saat mustajab dimana do’amu memiliki potensi besar dikabulkan oleh Allah.

Waktu-waktu mustajab itu antara lain waktu di antara adzan dan iqamah, waktu setelah shalat wajib, waktu di sepertiga malam, waktu di hari Jum’at, dan masih banyak lagi.

Dan yang perlu kita ingat adalah, apa yang menjadi do’a kita adalah sebuah pengharapan baik yang bermanfaat untuk masa depan kita dan kebaikan umat Islam.

Semoga Allah meridhoi do’a-do’a kita, lewat ‘rayuan’ tulus dan ikhlas kita tersebut. Aamiin.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *