Di antara kamu pasti ada yang menyukai kue yang satu ini. Kue apa sih? Ini merupakan kue yang cukup populer lho, apalagi kalau bukan cupcake. Banyak orang yang menyukai cupcake karena rasa manis dan keindahan dekorasinya.

Makanan ini biasanya dibuat dengan cara dipanggang pada suhu tertentu. Inilah yang membuat sebagian dari kita enggan membuat cupcake sendiri. Ya, alasannya karena nggak punya oven atau alat panggangnya di rumah.

Padahal mungkin di antara kamu ada yang penasaran ingin membuat cupcake sendiri. Tapi, tenang saja. Bagi kamu yang ingin membuat cupcake tapi nggak punya alat panggangannya, kamu bisa kok buat kue ini dengan cara dikukus.

Wah, cupcake kukus? Apa rasa cupcake-nya enak? Rasanya sama saja kok dengan cupcake panggang. Bahan-bahan untuk membuatnya kan sama. Cuma untuk mematangkan cake-nya dengan cara dikukus.

Kamu juga perlu tahu, kalau cupcake kukus memiliki tekstur yang lebih rapi dan lebih lembut dibandingkan cupcake panggang. Jadi nggak ada alasan lagi kan untuk tidak membuat cupcake sendiri?

Untuk cara lengkap membuatnya, yuk langsung kita lihat bersama-sama! Simak ya!

1Bahan untuk Membuat Cupcake

kaskus.co.id

Tentunya sebelum membuat cupcake, kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, apa saja membuat cupcake itu? Ini dia bahan yang kita butuhkan.

jnc.co.id
jnc.co.id

Bahan utama yang kita butuhkan adalah 200 gram tepung terigu, 30 gram coklat bubuk, 125 gram margarin, dan 2 butir telur.

indonesian.alibaba.com
indonesian.alibaba.com

Selain bahan-bahan di atas kita pun membutuhkan satu sendok teh soda kue, satu sendok teh baking powder, 80 ml susu cair dan 150 gram gula pasir.

2Cara Membuat

yantimaragas.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan saat membuat cupcake adalah melelehkan margarin. Panaskan margarin di atas teflon hingga seluruhnya meleleh, lalu matikan kompor sebelum margarinnya mendidih.

infodapur.com
infodapur.com

Langkah kedua kita kocok telur menggunakan kocokan tangan bersama denan gula, hingga gula larut. Proses pengocokan perlu dihentikan sebelum busa yang dihasilkan terlalu banyak.

springbeautytw.blogspot.com
springbeautytw.blogspot.com

Setelah itu, masukkan bahan-bahan lain seperti tepung terigu, baking powder, coklat bubuk, soda kue, dan susu cair. Aduk merata semua bahannya, setelah semua tercampur rata, baru kemudian kita masukkan margarin cairnya.

3Saatnya Mengukus

aliexpress.com

Setelah adonan cupcake jadi, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengukusnya. Namun sebelum kita masuk ke proses pengukusan, kita perlu menyiapkan papercup-nya terlebuih dahulu.

dearbarbie23.wordpress.com
dearbarbie23.wordpress.com

Baru setelah itu kita masukkan adonan ke masing-masing cetakan satu persatu menggunakan sendok. Kita letakkan di atas kukusan dan dikukus selama kurang lebih 20 menit menggunakan api sedang.

kawaiibeautyjapan.com
kawaiibeautyjapan.com

Cara untuk mengetahui cupcake-nya sudah matang atau belum adalah dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika adonan masih ada yang menempel, maka itu tandanya belum matang.

4Menghias Cupcake

lifetobelieve.wordpress.com

Tahapan terakhir setelah cupcake matang dan didinginkan sejenak adalah tahap menghiasnya. Untuk menghias cupcake banyak pilihan cara yang bisa kita lakukan. Cara yang paling sederhana adalah meletakkan coklat leleh di atas cupcake.

madcakehouse.com.au
madcakehouse.com.au

Selain itu, kamu pun bisa menghiasnya menggunakan krim kocok yang kemudian bisa kamu tambahkan permen ataupun biskuit untuk mempercantik dekorasi cupcake-nya.

Demikianlah cara membuat cupcake yang membuat kamu tidak perlu repot-repot untuk memanggangnya. Mungkin saat pertama kali kamu membuat, cupcake buatan kamu belum sempurna.

Tapi, jika kamu lakukan berulangkali, maka cupcake buatan kamu akan tampak luar biasa.