Mempunyai buah hati yang sudah memasuki usia sekolah tentu mereka sudah mengenal dan menyukai yang namanya jajan.

Ketika anak berada di lingkungan sekolah, orang tua kurang bisa mengontrol kebiasaan jajan mereka. Ya, jika di sekolah terdapat kantin sehat yang senantiasa menjaga kualitas makanannya bagi anak.

Tapi jika kantin yang ada di sekolah tidak menjaga mutu dan kebersihan sekolah, tentu akan membuat para orang tua khawatir. Atau malah anak-anak jajan di pinggir jalan.

Kita tidak mengetahui kandungan zat-zat yang ada di dalam makanan yang dijual apakah menggunakan bahan-bahan yang berbahaya atau tidak. Tidak hanya itu banyak jajanan di luar sana tidak terjamin kebersihannya pula.

Sebagai orang tua, kita harus menyadarkan buah hati dan memberikan jajanan yang sehat pada mereka.

Jadi tidak hanya kenyang saja yang kita pikirkan namun juga kandungan gizi dan mutu makanan tersebut, apalagi anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan gizi yang baik bagi kesehatannya.

Nah, berikut cara mengajarakan anak tentang jajan sehat dan membuat mereka menyukai jajanan sehat.

Sediakan Bekal Untuk Dibawa di Sekolah

29 bekal
blog.tokopedia.com

Bunda dapat membuat bekal yang disukai anak, jangan memaksa anak  untuk memilih bekal yang menurut bunda enak tapi si anak tidak suka.

Jika anak tidak menyukai bekalnya maka mereka justru akan memilih untuk jajan di luar. Dan yang terpenting selain disukai anak, pastikan bekal tersebut menyehatkan.

Ajari Anak Tentang Kandungan Sehat Pada Makanan

29 mebu sehat
menudietcepatdansehat.com

Bunda juga perlu mengajari anak akan kandungan makanan yang menyehatkan seperti jajanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan lainnya.

Sehingga jika bunda tidak sempat membuatkan bekal untuk si buah hati, anak akan dapat menentukan jajanan yang sehat bagi mereka.

Ajari pula anak untuk membeli makanan di tempat yang bersih dan memenuhi syarat kesehatan.

Beri Pengetahuan Pada Anak Tentang Makanan yang Higienis

29 kantin
www.sdmwibragayk.sch.id

Memilih tempat jajan yang higienis sangatlah penting agar terbebas dari kuman dan debu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada anak.

Bunda dapat mengajari anak untuk menghindari jajanan yang dijual di tempat terbuka dan menyarankan untuk  memilih tempat jajan yang bersih, terhindari dari polusi dan debu.

Beri Tahu Anak Untuk Menghindari Makanan yang Berwarna Mencolok

29 bhy
eatwithyourbrain.weebly.com

Senantiasa ingatkan anak untuk tidak membeli jajanan pinggir jalan yang berwarna-warni. Beri pemahaman pada mereka akan kandungan zat-zat yang berbahaya tersebut bagi tubuhnya.

Berikan Contoh yang Baik Pada Anak

29 contoh
blog.quinta.co.id

Bunda dapat memberikan contoh pada anak dengan cara memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat di rumah.

Serta tidak gemar jajan di luar, maka si anak secara tidak langsung  akan terbiasa untuk tidak jajan sembarangan dan memilih makanan di rumah.

Demikian cara mengajarkan anak untuk menyukai jajanan sehat, semoga bermanfaat.