Anak adalah salah satu angurah terindah dari Allah. Sebagai orang tua, tentu menginginkan anak-anaknya tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Sejatinya anak itu adalah titipan dari Sang Maha Pencipta, Allah SWT.

Ibarat kertas putih yang bersih bersih, begitulah anak. Tinggal bagaimana orang tua ‘melukiskan’ tinta di kertas itu.

Baik buruknya anak biasanya tergantung pada bagaimana mereka dididik oleh kedua orang tuanya. Salah satu faktor terpenting terhadap tumbuh kembang anak adalah di dalam lingkungan keluarga.

Pun termasuk perkembangan kecerdasan dan spiritual anak. Lingkungan keluarga adalah tempat pendidikan pertama bagi seorang anak.

Nah, waktu yang tepat untuk memperkenalkan nilai-nilai kehidupan pada anak adalah ketika mereka masih berusia balita atau pra-sekolah.

Pada masa-masa itu selain berusaha dalam mengembangkan kecerdasan anak dari segi intelektualnya sebaiknya orang tua juga berusaha dalam mengembangkan mental dan spiritualnya.

Salah satu hal yang paling utama yakni mengenalkan Allah SWT kepada mereka. Lantas bagaimana cara mengenalkan Allah SWT pada anak ketika masih berusia dini?

1Melalui Hal yang Sederhana Perkenalkan Sifat Allah SWT

www.youtube.com

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah kenalkan sifat Allah kepada anak. Kita bisa menunjukkan kepada anak dari hal-hal yang sederhana.

Misalnya seperti segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan ciptaan Allah. Mungkin kita dapat mengajak mereka melihat tumbuhan atau hewan, melihat luasnya langit, dan lainnya, semua itu ada yang menciptaka yaitu Allah.

2Ajarkan Mereka Untuk Senantiasa Bersyukur

www.1freewallpapers.com

Selanjutnya ajarkan kepada anak untuk selalu bersyukur. Rasa syukur tersebut dapat dimulai dari bersyukur dengan segala sesuatu yang ada pada dirinya.

Contohnya ajarkan pada anak bahwa mereka harus bersyukur karena Allah telah menciptakan dirinya dengan sempurna.

Allah menciptakan dua mata yang dapat melihat, dua telinga yang dapat mendengarkan suara-suara, kaki sehingga ia dapat berjalan dan berlari, dan lain sebagainya.

Maka dari itu sebagai manusia ia harus menggunakan hidupnya juga untuk Allah.

3Ajarkan Mengenai Sifat Allah yang Penuh Kasih Sayang

nasihat.or.id

Mulailah ajarkan pada anak tentang sifat Allah yang penuh kemuliaan dan juga penuh kemurahan kepada manusia.

Allah memberikan udara yang dapat dihirup sehingga kita bisa bernafas, Allah menciptakan tumbuhan yang sebagian juga dapat di makan oleh manusia, dan lain sebagainya.

Allah memiliki kasih sayang yang luar biasa kepada makhluk ciptaannya, kita bisa memberikan contoh bahwa tidak hanya manusia yang dapat makan dan minum, coba diperlihatkan bahwa hewan juga bisa makan.

Semua mahkluk Allah juga mendapat perhatian dari Allah. Sehingga anak dapat selalu merasa disayangi oleh Allah.

Lama kelamaan akan tumbuh rasa cinta dan harapan yang selalu ia tunjukan kepada Allah SWT.

Itulah beberapa cara memperkenalkan Allah SWT pada anak di usia dini. Bagiamanapun juga anak perlu tahu tentang Allah SWT, jika mereka sudah mengenal Allah dan tertanam kecintaan pada Allah sejak dini, kelak mereka akan memiliki nilai spiritual yang sangat baik.

Semoga bermanfaat.