Kita memiliki otak salah satunya berfungsi untuk berpikir. Otak merupakan pusat pengendali dari tubuh kita.

Ketika mata kita terkena debu syaraf-syaraf merespon sehingga otak ‘memerintahkan’ agar tangan kita mengusap sang mata.

Seperti hal nya saat kita dalam keadaan sedih tiba-tiba mata kita merespon dengan mengeluarkan air mata dan tanganpun tanpa kita sadari mengusapnya.

Mudahnya kita menerima pelajaran dan mengingat-ingat apa yang diajarkan guru ketika di kelas adalah salah satu contoh kinerja otak yang baik.

Akan tetapi semakin bertambahnya umur kemampuan otak semakin berkurang, seperti sulit konsentrasi, mudah lupa, dan lain sebagainya.

Kita perlu menjaga kerja otak agar tetap optimal. Berikut beberapa tips untuk menjaga otak agar tetap bekerja secara optimal.

1Membaca Al-Qur’an

tiwwidy.files.wordpress.com

Ketika kita membaca Al-Qur’an telinga, mata, dan bibir kita bekerja secara bersamaan. Bibir kita bergerak melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an (membacanya), mata kita pun bekerja dan secara bersaman telinga kita mendengarkan apa yang kita ucapkan.

Maka dari itu dengan membaca Al-Qur’an dengan rutin dapat meningkatkan kerja otak secara optimal. Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari membaca Al-Qur’an.

2Selalu Aktif

sepuluhmantap.blogspot.com

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa latihan aerobik dapat meingkatkan volume otak dan konektivitas materi putih antara sel-sel otak.

Dengan teratur melakukan latihan tersebut dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan otak. Selain sehat bagi tubuh juga sangat baik untuk otak.

3Jaga Kesehatan Jantung

www.metodesehat.com

Karena kesehatan jantung sangat berpengaruh terhadap kinerja otak maka jagalah jantungmu agar tetap sehat.

4Tidur yang Cukup

www.penabiru.com

Mesin yang digunakan terus-menerus akan rusak seperti halnya otak, ia juga memerlukan istirahat agar dapat bekerja dengan baik lagi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan pembentukan sinepsis pada otak, sehinga otak sulit berpikir dan mempelajari hal baru.

Maka dari itu untuk menjaga kesehatan otak kita sebaiknya memiliki jam tidur yang cukup.

5Makan Ikan

cukuptau.com

Ikan memiliki kandungan omega-3 yang diperlukan untuk fungsi otak yang optimal. Tentu kandungan ini sangat baik bagi otak.

Kamu dapat menemui ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan salmon dan ikan tuna.

6Hindari Stres

universitypost.dk

Stres sangat berpengaruh buruk bagi kinerja otak. Maka dari itu hindari stres dengan cara mengurangi terjadinya stres.

Terdapat cara untuk menghindarinya seperti hindari alkohol, obat penenang atau kamu juga bisa pergi jalan-jalan agar otakmu kembali fresh.

7Mencoba Permainan Asah Otak

citizensofculture.com

Apakah kamu pernah bermain rubik? Sebuah mainan berbentuk kubus dengan persegi warna-warni yang mengelilinginya.

Yup, itu adalah salah satu game untuk mengasah otak. Selain itu dapat juga game teka-teki dan berbagai game yang memaksa kita untuk berpikir. Dengan permainan semcam itu dapat menjaga otak tetap aktif dan membuat pikiran menjadi tajam.

8Belajar Hal Baru

ricoaf.blogspot.com

Sama halnya dengan otot yang semakin sering kita melatihnya maka akan semakin kuat. Maka dari itu agar otak semakin kuat, kita perlu terus belajar hal-hal yang baru.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kerja otak tetap optimal. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here