Mendapatkan sebuah ijin untuk menikah di kala usia masih muda memang tidak gampang, apalagi baru lulus kuliah, pasti orang tua masih menganggap kita masih bocah.

Secara uang memang masih minta orang tua, rumah belum punya, motor juga pemberian orang tua. Tapi kalau berpikir harta saja gak akan pernah ada cukupnya dan menikah gak  sesempit cuma modal harta saja.

Untuk itu perlu meyakinan orang tua, memang menikah butuh harta, tapi harta bukan segala-galanya  untuk bekal menikah.

Kamu yang kesulitan mendapatkan surat ijin untuk menikah, beberapa cara dibawah ini bisa kamu coba

1Banyak Berdialog dengan Orang Tua

segiempat.com

Salah satu kunci kamu bisa di ijinkan untuk menikah adalah kedekatan kamu dengan orang tua. Ketika kamu banyak berdialog, banyak sharing dan banyak berbicara tentang menikah muda, baik manfaatnya, indahnya dan juga mungkin amannya.

Selain itu singgung pula bahaya anak muda jaman sekarang yang hamil sebelum nikah, singgung juga tentang hakikat nikah yang sederhana dan mudah. Dengan begitu orang tua akan terbuka wawasannya dan mungkin juga hatinya.

2Buktikan Kamu Bisa dapat Duit

akubukansuparmen.wordpress.com

Cara berikutnya kamu juga harus bisa membuktikan bahwa kamu bisa dapat duit, walau kecil tapi itu dari usaha kamu sendiri. Tekankan bukan besarnya tapi keseriusan dan usaha kamu.

Tunjukkan itu pada orang tua dan jelaskan bahwa rizky bukan hanya soal uang, bukan hanya soal harta, tapi rizky itu luas dan sertakan dalil agama yang bisa menguatkan kamu.

Katakan itu dengan jujur, dengan santun dan tetap menghormati mereka. insyaALLAH orang tua tahu bahwa kamu serius dan bukan bocah lagi.

3Bersikaplah Dewasa

solusisupersukses.com

Salah satu yang mendukung bahwa kamu bukan bocah lagi adalah sikap kamu yang dewasa, jadi bersikaplah dewasa. Dewasa ketika berdiskusi dengan orang tua, sopan santun pada mereka dan tentunya berperan ketika ada masalah keluarga.

Dengan begitu orang tua akan melihat kamu akan berbeda, bukan bocah yang gampang merengek pada orang tuanya ketika mendapat masalah.

4Tunjukkan Perhatian dan Kepedulian

ummi-online.com

Tunjukkan bahwa kamu perhatian, peduli dan cinta pada orang tua. Kadang ketika pembuktian usaha kamu tidak mampu meluluhkan hatinya tapi cinta mampu untuk mendapatkannya.

Tunjukkan bahwa kamu sudah mulai belajar merawat orang tua, punya rasa peduli, empati, peka dan melakukan semua itu dengan hati. Dan apapun yang dilakukan dengan hati akan sampai pada hati.

5Tunjukkan Kamu Sayang Sama Anak Kecil

health.liputan6.com

Ketika ada ponakan yang masih kecil atau ada anak tetangga  main kerumah adalah kesempatan baik untuk kamu menunjukkan bahwa kamu menyayangi anak kecil, tunjukkan kamu mulai belajar merawat dan mencintai anak kecil.

Lebih hebatnya lagi, gendong anak kecil itu dan ajak ke orang tua dan katakan “ mah, pah gak pengen punya kayak gini”? saya sudah pengen mah”. Pasti dech orang tua belepotan jawabnya dan meleleh hatinya.

6Banyak Sedekah

tabungwakaf.com

Cara mudah berikutnya banyak-banyaklah sedekah, banyak membantu orang lain. Sedekah gak berat kok, hati kita aja yang kadang memberatkan.

Sedekah ini seperti jual beli dengan ALLAH, ketika kamu bersedekah bisa diartikan kamu membeli apa yang kamu inginkan. Mudah kan?

7Berdoa

alkamalblitar.com

Yang terakhir cara paling mudah ya banyak berdoa, tentu dunk jurus ini merupakan jurus awal dan pamungkas ketika ingin mendapatkan apa yang kamu harapkan.

Banyaklah berdoa, tunddukkan dirimu, tundukkan kesombongan kamu, tundukkan hati dan kepalamu, bersungguh-sungguhlah meminta dan yakinlah doa kamu akan dikabulkan.

Itulah cara mudah untuk mendapat surat ijin menikah dari orang tua, walau mudah tapi bukan berarti melakukan dengan santai lho, tetap serius dengan kejujuran, keyakinan dan keikhlasan. semoga bermanfaat dan ditunggu undangan nikahnya ya.