Sebagai bangsa Indonesia, bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang wajib dijunjung dan dijaga dengan baik. Bahasa persatuan artinya adalah bahasa nasional yang diakui sebagai bahasa wajib pakai.

Sehingga siapapun dan dari suku bangsa apa dia berasal, selama masih tinggal di Indonesia dan menjadi warga Negara Indonesia maka dia wajib memakai dan menguasai bahasa ini.

Bayangkan, jika Indonesia tak memiliki bahasa persatuan, maka orang Jawa tak akan bisa berkomunikasi dengan orang Sunda atau orang suku lainnya, karena memiliki bahasa daerah yang berbeda bukan?

Nah, bahasa persatuan yang adalah bahasa Indonesia ini, fungsinya juga mempermudah komunikasi antar warga Negara Indonesia sendiri.

Lalu sebenarnya bahasa Indonesia sendiri terciptanya bagaimana sih? Ternyata ada beberapa bahasa asing yang ikut mempengaruhinya lho!

Bahasa Melayu

cakcakkuti com
cakcakkuti.com

Bahasa yang menjadi bahasa resmi Negara Malaysia ini memang menjadi bahasa utama yang mempengaruhi terciptanya bahasa Indonesia hingga seperti sekarang ini.

Bahasa Melayu tumbuh di suku bangsa Melayu yang merupakan rumpun nenek moyang bangsa Indonesia sendiri, sehingga benar lah bahwa Malaysia adalah Negara serumpun dengan Indonesia.

Coba perhatikan, banyak miripnya kan bahasa Melayu dengan bahasa Indonesia? Hehehe.

Bahasa Inggris

nenksyakeela blogspot co id
nenksyakeela.blogspot.co.id

Tak bisa disangkal bahwa bahasa Inggris memang lah bahasa Internasional. Dikatakan demikian, karena dari manapun Negaranya seseorang yang bertemu beda Negara akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

Itulah mengapa bahasa ini semacam wajib dipelajari di Negara-negara yang tak menggunakannya sebagai bahasa nasional atau resminya.

Dalam bahasa Indonesia sendiri terdapat beberapa kata yang merupakan serapan dari bahasa Inggris, seperti analisis, tesis, sintesis, dan sebagainya.

Bahasa Belanda

jalansanasini com
jalansanasini.com

Sangat jelas di benak siapapun bangsa Indonesia bahwa bangsa Belanda pernah menjajah bumi kita ini selama hampir tiga setengah abad lamanya. Maka tak heran jika bahasa Belanda kemudian turut serta berperan dalam pembentukan bahasa Indonesia.

Hal tersebut seperti yang ada pada kata-kata asisten, arsip, gubernur, residen, dan sebagainya.

Bahasa Arab

yufid tv
yufid.tv

Islam merupakan agama yang identik dengan wilayah Timur Tengah, utamanya adalah Arab yang di sana terdapat dua kota suci umat Muslim, yaitu Mekkah dan Madinah.

Sedangkan Indonesia sejak Islam mulai masuk ke Negara ini sampai sekarang terus besar dan berkembang pesat jumlah pemeluknya, sampai Indonesia dinobatkan sebagai Negara dengan pemeluk Islam tersebar di dunia.

Maka tak heran pula jika bahasa Arab turut menyumbang pembentukan bahasa Indonesia, seperti pada kata akhlak, akhir, amal, azab, dan sebagainya.

Bahasa Sansekerta

ayurvedaindonesia blogspot com
ayurvedaindonesia.blogspot.com

Bahasa ini mungkin sekarang sudah tak banyak dipakai karena bisa dikatakan bahasa kuno, tepatnya bahasa yang dimiliki oleh pemeluk agama Hindu.

Sebelum Islam masuk ke Indonesia, Hindu memang terlebih dulu menguasai sebagian besar warganya, sehingga bahasa Sansekerta menjadi bahasa pokok atau wajibnya dalam keseharian.

Seperti imbuhan –wan, -wati, -man, dan sebagainya di kata-kata seperti budayawan, karyawati, seniman, dan lain-lain.

Bagaimana? Apakah dengan mengetahui bahasa-bahas asing penyusun bahasa persatuan kita ini semakin membuatmu bangga pada bahasa Indonesia yang ternyata sangat kaya?