Nama Mehmet C. Oz bukanlah nama baru di Amerika, bahkan pun dunia. Selain kiprahnya yang besar sebagai seorang entertainer, Oz juga adalahs eorang pakar bedah jantung yang diakui kehebatannya.

Oz terlahir cerdas dan memiliki semangat belajar yang tinggi, didukung dengan support keluarga yang juga besar, membuat cita-citanya sebagai dokter ahli bedah jantung dapat terwujud.

Mehmet Oz atau yang dikenal oleh dunia dengan sebutan Dr. Oz adalah seorang keturunan American-Turkish, dan memiliki darah Islam sejak lahir ke dunia. Dr. Oz bahkan sangat bangga dengan keislamannya.

Lahir dari seorang ayah yang juga merupakan dokter bedah bernama Mustafa Oz, dia adalah seorang Muslim Amerika yang beristerikan keturunan Turki bernama Suna, seorang pemilik usaha Farmasi, yaitu Ibu Dr. Oz.

Menikah dengan Anak Seorang Ahli Jantung

jennsetter com
jennsetter.com

Setelah lulus dari Universitas Harvard, Dr. Oz kemudian melanjutkan sekolahnya dengan mengambil studi kedoteran di Universitas Pensylvania. Dia mendapatkan gelar MD, dan MBA di Universitas tersebut.

Saat bersekolah di Universitas itu, Oz kemudian bertemu dengan seorang perempuan bernama Lisa Lemole, putri seorang dokter spesialis jantung yang sangat terkenal di Philadephia, Gerald Lemole.

Dari Gerald Lemole, Oz banyak mempelajari tentang diet, olahraga, dan pentingnya memiliki mental yang positif sebagai seorang dokter dalam menjaga kesehatan tubuh.

Gerald sendiri adalah seorang pionir atau termasuk pemula dalam dunia bedah jantung di Amerika. Dokter ini banyak memberikan perawatan pasca operasi jantung dengan diet rendah lemah salah satunya.

Semakin dekat baik dengan Lisa maupun Gerald, Oz kemudian menikahi Lisa yang juga terkenal sebagai presenter dan penyiar radio tersebut.

Awal Mula Keinginan Menjadi Dokter Bedah Jantung

earhustle411 com
earhustle411.com

Pada usia 9 tahun, dengan sosok yang masih kecil, Oz telah banyak belajar dari Ayahnya, Mustafa Oz yang adalah seorang dokter ahli bedah.

Suatu hari di usia tersebut, saat sedang berlibur di Turki, tanah kelahiran Ibunya, Oz membaca sebuah majalah yang memuat berita tentang 12 orang yang mendapatkan transplantasi jantung. Artikel itu sangat membekas di benak Oz kecil.

Hingga akhirnya Oz memutuskan untuk menekuni dunia kesehatan, terlebih dunia bedah jantung, untuk menolong mereka yang banyak memiliki masalah dengan organ inti kehidupannya tersebut.

Pegiat Perdamaian Dunia

azalialearns blogspot com
azalialearns.blogspot.com

Salah satu yang menjadikan Oz terkenal dan bahkan diakui sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di Amerika menurut majalah Time adalah karena kiprahnya di dunia kesehatan dan sosial yang tak pernah berhenti.

Dia pernah memiliki sebuah acara show sendiri yang sangat popular di Amerika dan akhirnya diadaptasi oleh beberapa Negara, yaitu Dr Oz Show. Selain itu Oz juga banyak memiliki lembaga sosial maupun kesehatan untuk masyarakat.

Salah satu kiprah Oz juga adalah pembelaannya terhadap perdamaian dunia, khususnya tentang invasi Israel ke Palestina yang tak kunjung selesai.

Dalam Trustees Advisory Council of the OneVoice Movement, Oz banyak aktif menyuarakan perdamaian dunia lewat penyelesaian konflik Palestina dan Israel dengan banyak kegiatan yang bisa dilakukan dunia untuk mendukung gerakan tersebut.

Kampanye Anti Rokok Dunia

etonline com
etonline.com

Dan yang paling membuat Oz dikenal dunia adalah ketika dirinya banyak mengkampanyekan tentang buruknya rokok bagi kesehatan, bahkan kematian bisa semakin dekat dengan rokok.

Dalam beberapa shownya di Dr Oz Show, Oz banyak membahas tentang dampak buruk merokok, bahkan menunjukkan anatomi sesungguhnya dari seseorang yang merokok dan tidak merokok.

Dengan perbandingan nyata tersebut, Oz mengharapkan orang-orang menjadi benar-benar tersadar tentang bahaya dari rokok yang tidak main-main.

Bahkan Oz mendirikan banyak yayasan dan lembaga konsultasi khusus bagi mereka yang ingin menjalani terapi sembuh dari rokok, dan yang ingin menghindari merokok.

Penghargaan demi penghargaan Oz terima, baik dari karyanya yang langsung nyata di lapangan, dari lembaga atau yayasan yang dia dirikan, maupun dari buku-buku ilmiah yang ditulisnya.