Dunia perfilman Indonesia nampaknya perlu berbangga hati dengan kemunculan banyak film karya anak negeri. Tidak hanya kemunculannya saja yang perlu menjadi kebanggaan, tapi juga antusiame masyarakat yang menontonnya.

Namun, sebuah fakta yang perlu kita tahu, dari sekian banyak film Indonesia yang telah liris tersebut, diangkat dari novel-novel best seller lho! Karena novelnya banyak disukai oleh pembaca, maka terbersitlah ide untuk menjadikannya film.

Walaupun film yang dihasilkan tidak bisa meng-cover keseluruhan isi novel, tapi film-film ini tetap layak untuk kita tonton bersama keluarga. Jika ada yang kecewa dengan filmnya itu sih wajar-wajar saja. Pasti kalau ada yang suka, ada yang nggak suka juga kan?

1Surga yang Tak Dirindukan

youtube.com

Film pertama yang diangkat dari novel adalah film Surga yang Tak Dirindukan. Film yang diangkat dari novel karya Asma Nadia ini, banyak sekali mendapatkan pro kontra dari masyarakat.

Pasalnya, film ini bercerita tentang poligami. Di mana masyarakat kita pun masih pro kontra akan hal itu. Surga yang tak dirindukan itu, maksudnya bukan tidak merindukan surga. Namun, ada jalan untuk masuk surga, yang banyak wanita enggan melaluinya.

299 Cahaya di Langit Eropa

ringpitulas.wordpress.com

Kisah perjalanan seringkali menjadi tema yang sangat menarik untuk dijadikan sebuah novel. Apalagi jika berisi perjalanan hidup di negeri orang. Dari judulnya saja mengundang perhatian yang cukup besar.

Karena antusiasme masyarakat dengan kisah-kisah seperti ini, maka novel ini pun difilmkan. Lalu bagaimana antusiasme masyarakat dengan film ini? Masyarakat ternyata banyak yang suka dengan film yang berasal dari novel karya anaknya Pak Amin Rais ini.

3Habibie Ainun

demokrat.or.id

Siapa yang tidak mengenal sosok yang sangat cerdas di Indonesia ini, yup dialah Pak Habibie. Kisah cinta Pak Habibie dan istrinya begitu menyentuh hati. Pasalnya, beliau harus menulis buku untuk bisa pulih dari kesedihan kehilangan istrinya.

Nah, dari buku inilah pada akhirnya film Habibie Ainun ini diproduksi. Film yang diperankan oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari ini sangat menarik. Terbukti banyak pencinta film yang menonton film ini.

4Negeri 5 Menara

nyonyakim.wordpress.com

Selain perjalanan, cerita perjuangan hidup pun menjadi bahan cerita yang menarik untuk difilmkan. Contohnya saja negeri 5 menara ini. Sama halnya dengan cerita dalam novel.

Film ini pun menceritakan perjuangan beberapa anak manusia dalam mengejar cita-citanya ke beberapa negara.

5Ketika Cinta Bertasbih

icanhear.wordpress.com

Cerita cinta selalu memiliki ruang di hati para penggemarnya. Sejak ia dalam bentuk novel, hingga menjadi sebuah film. Apalagi jika kisah cinta ini berbalut nilai-nilai yang islami.

Satu hal yang perlu kita syukuri dengan maraknya film-film islami seperti ini, berarti sedikit-sedikit mulai terjadi pergeseran nilai. Dari masyarakat yang menggandrungi budaya barat, lalu berpindah ke nilai-nilai yang lebih islami.

6Ayat-ayat Cinta

inspired-ground.com

Masih dengan kisah percintaan. Nampaknya film inilah yang mengawali kisah cinta islami di jagat perfilman, beberapa tahun belakangan. Latar negara mesir yang unik, cukup mendominasi tampilan dari film ini.

75 CM

wsmovie.blogspot.com

Sejak kehadiran film ini, mungkin banyak orang mulai tersadarkan, bahwa sebuah film mampu mempengaruhi perilaku seseorang. Pasalnya, sejak film ini rilis, banyak gunung-gunung menjadi sasaran pendakian.

Ya, film ini seperti menghipnotis para kawula muda untuk mendaki gunung, karena rupanya banyak yang baru sadar betapa indahnya dunia ini jika dipandang dari ketinggian. Untuk merasakan langsung, maka mereka juga ikut mendaki.