Dengan melihat teknologi yang sekarang berkembang dengan pesatnya, pernah nggak terpikir bagaimana teknologi itu di masa depan? Pastinya berkembang lebih maju lagi kan? Tapi perkembangannya seperti apa ya?

Seperti yang kita tahu, bahwa perkembangan teknologi bisa berdampak positif dan bisa pula berdampak negatif. Contohnya saja gadget dan smartphone yang sekarang ini beredar di dunia.

Dengan adanya smartphone arus informasi begitu derasnya tersebar di dunia maya. Selain itu ranah sosial media membuat kita dekat dengan banyak orang, namun menjauhkan kita dari orang-orang yang keberadaannya benar-benar dekat dengan kita.

Itulah sebagian dampak dari perkembangan teknologi. Nah sekarang kembali lagi ke bentuk perkembangan teknologi di masa depan. Mungkin di masa depan teknologi itu akan berkembang seperti gambar-gambar di bawah ini.

1Akhirnya Kita Akan Tahu Bentuk Planet Pluto

architecturendesaign.net

Apakah kamu tahu alasan kenapa planet pluto tidak bergabung lagi di Galaksi Bimasakti? Yup, karena jaraknya yang sangat jauh, sehingga ukurannya sangat kecil dan tidak bisa terindentifikasi dengan jelas melalui satelit bumi.

Namun, beda dulu beda sekarang. Kini kita bisa melihat dengan jelas gambaran dari Planet Pluto. Kok bisa? Iya, kan teknologi terus berkembang dan sampai sekarang masih terus dilakukan aneka penelitian.

Wah, berarti masih ada kemungkinan perkembangan teknologi yang lebih canggih dong? Pastinya akan begitu. Nanti satelit tidak hanya menjangkau planet di satu galakasi saja, namun kita pun bisa melihat planet di galaksi lain.

2Kursi Roda yang Canggih

Saat ini pengguna kursi roda masih membutuhkan jalanan yang datar untuk menjalankan kursi rodanya. Bahkan di tempat-tempat umum di sediakan jalan landai atau menanjak yang tidak menggunakan anak tangga.

Tapi ini sekarang, ke depannya kursi roda bisa jadi akan di desain seperti gambar di atas. Jadi pengguna kursi roda mampu menaikkan kursi rodanya sendiri. Tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

3Smartphone Semakin Tipis dan Elastis

Dulu handpone berukuran sangat tebal dan berat, namun sekarang setelah smartphone semakin berkembang, ukurannya pun semakin tipis sehingga kita mudah membawanya ke mana-mana, bahkan bisa dimasukkan ke saku.

Jika sekarang saja sudah demikian, mungkin di masa yang akan datang smartphone akan menjadi seperti gambar di atas, menjadi sangat tipis dan elastis, sehingga bisa ditekuk ke arah manapun tanpa mengalami kerusakan.

4Belajar Memasak Menggunakan Hologram

Kalau sekarang anak-anak main masak-masakan menggunakan perkakas-perkakas dari plastik, akan berbeda dengan masa yang akan datang. Ke depannya, anak-anak kita bisa main masak-masakan menggunakan hologram seperti gambar di atas.

5Pulpen Tiga Dimensi

Ternyata bukan film saja yang bisa dirancang dengan teknologi tiga dimensi. Ke depannya pulpen pun akan tersedia dengan jenis tiga dimensinya. Jadi dengan demikian, gambar yang akan kita buat lebih bervolume.

6Printer Berukuran Kecil dan Dapat Berlari

Kebayang nggak sih kalau zaman sekarang kita bawa printer ke mana-mana, tentunya akan repot sekali kan? Tapi kerepotan ini tidak akan terjadi jika printernya sekecil ini.

Selain kecil dan bisa dibawa ke mana-mana, printer ini pun tidak perlu tenaga manusia untuk menggerakkannya. Printer ini bisa berlari sendiri dari baris satu ke baris lainnya.

7Banyak Gadget Tergabung Menjadi Satu

architecturendesign.net

Dulu kita membutuhkan aneka gadget untuk menunjang pekerjaan atau hobi kita, baik itu laptop, kamera, perekam suara, jam, alat untuk mendengarkan musik, dan lain-lain.

Tapi, semua alat itu tidak kita butuhkan sekarang, kenapa? Karena semua fasilitas itu sudah ada semua di iPhone kita.