Mungkin benarlah kiranya, kalau keterampilan itu bukan untuk dipelajari tapi untuk dipraktekkan. Dengan begitu, barulah seseorang akan ahli dalam melakukan sesuatu, contohnya saja melukis.

Hal ini seperti yang dialami oleh seorang pelukis bernama Luqman Reza Mulyono. Dari namanya sih, sepertinya dia orang Indonesia. Namun, karya-karyanya sudah mendunia lho! Di salah satu wawancara ia bercerita bahwa ia belajar melukis dengan otodidak.

Kenapa otodidak, bukannya dia nggak mau belajar di tempat formal, namun dulu keadaan ekonomi keluarganya tidak memungkinkan untuk dia belajar di tempat formal. Akhirnya ia pun belajar sendiri.

Menurutnya, kanvas adalah tempat bermain yang sangat menyenangkan. Di sana ia bisa berimajinasi sesukanya. Dan membuat apa saja sesukanya.

Untuk melukis, awalnya dia menggunakan alat lukis apa saja. Namun, pada akhirnya ia memilih cat air sebagai alat untuk mewarnai lukisannya.

Menarik ya ceritanya, namun akan lebih menarik lagi kalau kamu lihat karya-karyanya deh. Pasti setelah melihat kamu akan percaya, bahwa memang benar, mau ahli itu ya berlatih. Tidak ada cara lain.

1Ciuman Terakhir

boredpanda.com

Gambar ini melukiskan rubah jantan yang sedang mencium rubah betina untuk terakhir kalinya. Sepertinya rubah jantan akan pergi bersama para kupu-kupu ke negeri lain. Tentunya perpisahan seperti ini memiliki banyak makna.

Bisa jadi rubah jantan benar-benar berpindah tempat atau ia pergi meninggalkan rubah betina untuk selama-lamanya. Misalnya saja pergi ke dunia lain, atau berubah wujud menjadi makhluk lain, seperti cerita di drama-drama.

2Istirahat dalam Damai

boredpanda.com

Kijang dengan tanduk yang mulai mengangkasa ini sepertinya sudah sangat lelah, lihatlah betapa ia beristirahat dengan damainya. Tapi bisa jadi istirahat dalam damai di sini diartikan bahwa si kijang pada akhirnya menuju kematiannya.

Kalau sudah mati, ya mau nggak mau beristirahat dengan damai. Apalagi untuk hewan yang tidak perlu mempertanggungjawabkan amal perbuatannya selama hidup di dunia. Kedamaian pasti tujuan akhirnya.

3Mimpi yang Indah

boredpanda.com

Ini gambar rubah atau serigala ya? Apapun ia, yang pasti ia sedang bermimpi indah, terbang bersama kupu-kupu di angkasa. Di kehidupan nyata, mana mungkin kan ada rubah atau serigala yang bisa terbang. Apalagi jika tubuhnya berubah menjadi biru.

Selain itu, kupu-kupu adalah hewan yang identik dengan keindahan. Jadi jika suatu tempat atau keadaan dipenuhi dengan kupu-kupu, maka tempat dan keadaan itu sedang indah-indahnya, begitu pun dengan mimpi.

4Cerita Cinta pada Musim Gugur

boredpanda.com

Beginilah kisah cinta para peri yang dilukiskan dalam gambar, karena kisah cintanya terjadi di musim gugur, maka banyak daun, ranting dan bunga-bunga yang berjatuhan di tanduk kijang.

Menarik sekali ya penggambarannya. Tapi semua hal yang dikatakan di atas hanya analisa semata, yang tau makna sebenarnya ya tentunya pelukisnya sendiri. Kita hanya bisa menikmati dan menerka-nerka.

5Sepasang Rusa

boredpanda.com

Beginilah kehidupan sepasang rusa. Sungguh bahagia. Apalagi jika sudah ada anak yang mengikuti mereka dari belakang. Pasti semuanya menjadi lebih menyenangkan. Menyenangkan bagi rusa dan menyenangkan bagi kita yang memandangnya dari kejauhan.

Mungkin karena itulah, tema rusa ini menjadi pilihan untuk dilukis, karena menggambarkan mengenai romantisme dunia hewan sekaligus menggambarkan kehidupan penuh kebahagiaan.

6Diambil Alih

boredpanda.com

Bagaimana rasanya jika tubuh kita diambil alih oleh makhluk asing atau makhluk lain. Lalu, kita pun tak berdaya untuk melakukan apapun. Pasti sangat menyebalkan dan menyedihkan sekali.