Jakarta merupakan kota metropolitan. Ibukota negara Indonesia ini memang memiliki daya tarik yang kuat bagi kebanyakan masyarakat.

Bisa kamu lihat setiap tahunnya saat usai liburan hari raya lebaran orang-orang berdatangan ke kota Jakarta. Salah satu alasan yang membuat mereka ingin ke Jakarta adalah untuk mencari pekerjaan.

Memang selama ini kebanyakan dari mereka berpikir bahwa mencari pekerjaan mudah dilakukan di Jakarta. Banyak lahan pekerjaan yang bisa menjadi lahan pekerjan di sana, mesikpun hanya sebagai tukang parkir hingga sebagai karyawan yang sukses.

Oleh karena banyaknya masyarakat yang memiliki pekerjaan di pusat kota jakarta, sebagian dari mereka tinggal di daerah pinggiran Jakarta. Atau faktor lainnya mungkin yakni biaya hidup yang cukup mahal.

Sehingga tak menutup kemungkinan orang-orang memilih hidup di pinggiran kota Jakarta. Tidak masalah tinggal di pinggiran, itu bukan hal yang buruk.

Menjadi orang-orang yang tinggal di pinggiran tentu ada suka dan ada duka. Nah, berikut beberapa hal sering dirasakan oleh orang yang tinggal di pinggiran Jakarta.

1Jika Berangkat Kerja Harus Lebih Awal

garasiopa.files.wordpress.com

Begitulah nasib orang yang tinggal jauh dari pusat kota Jakarta alias di pinggiran Jakarta. Saat sementara orang-orang masih tertidur dengan lelap, mereka harus berangkat lebih awal saat kerja.

Ya, karena situasi di jalan yang susah ditebak misalnya mungkin macet. Lebih baik menunggu di tempat kerja, datang lebih awal, daripada telat masuk kerja.

2Pulang Paling Cepat Tapi Sampai Rumah Paling Belakangan

www.caradesain.com

Karena memang akses menuju tempat tinggal yang nun jauh dari kota Jakarta, maka meskipun kamu pulang lebih awal, kamu tetap jadi yang terakhir sampai rumah.

Padahal teman-temanmu dapat pulang santai atau bisa lembur di tempat kerja.

3Tidak Hapal Seluk-Beluk Jakarta

berceritadunia.files.wordpress.com

Orang-orang yang sudah lama tinggal di Jakarta tentu hapal betul dengan jalan-jalan yang ada di kota. Bisa dibilang tinggal tutup mata mereka paham jalanan kota metropolitan tersebut.

Nah, bagi orang pinggiran, mereka harus benar-benar hapal akan jalan yang cepat agar sampai tempat tujuan. Sehingga memilih jalur yang efektif dan efisien. Tidak ada waktu untuk berjelajah ke tempat-tempat dengan rute yang rumit.

4Kena Ledek Disebut Daerah Tertinggal

jurnalmaritim.com

Ya terkadang orang pinggiran suka diledek karena tempatnya yang jauh dari pusat kota.

5Daerahnya Lebih Sepi

rumaysho.com

Memang Kota Jakarta sangat ramai, banyak aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar sana hingga malam hari sehingga kota ini masih ramai.

Pun ketika siang hari kendaraan banyak yang lalu lalang padat, bahkan bising. Berbeda dengan daerah pinggiran, kamu tidak akan menemukan yang namanya macet dan panasnya kenalpot, polusi udara maupun polusi suara.

Mungkin jika di Jakarta pukul 11 malam masih terasa sore, sementara di daerahmu sudah teramat sepi.

6Jika Telat Datang Kerja Dimaklumi

www.merdeka.com

Saat kamu telat mungkin akan dimaklumi, karena memang tempat tinggalmu jauh daru kota. Mungkin satu setengah jam atau satu jam telat ya bisa di ‘maafkan”.

7Tidak Ikut Ricuh dengan Aturan Perda

www.blog-netizen.com

Jika ada aturan Peraturan Daerah baru misalnya tentang kependudukan, KTP, ada larangan ini dan larangan itu, bagi kamu yang tinggal di pinggiran bisa satai-santai.

Hal tersebut tidak berpengaruh pada orang pinggiran Jakarta.

Itulah beberapa gambaran yang dirasakan orang pinggiran jakarta. Hal yang terpenting adalah tetap besyukur. Hidup itu kadang sedih kadang senang.