Inilah Ilmuwan Muslim yang Hebat dan Terkenal Sepanjang Masa

Posted on

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar kata “ilmuwan” ? Mungkin saja kamu akan memikirkan tokoh-tokoh penemu yang berasal dari Barat.

Seperti yang populer kita ketahui selama duduk di bangku sekolah. Apakah tokoh muslim ada di dalamnya?

Ilmuan merupakan seseorang yang ahli dalam bidang tertentu dan dia adalah tokoh penemu sesuatu.

Saat mendengar tentang ilmuwan muslim mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya-tanya, apakah ada? Atau banyak yang membayangkan bahwa Islam itu kuno atau ketinggalan jaman.

Ungkapan ‘modern’ kebanyakan tertuju pada orang-orang Barat. Jika hal itu terjadi apa akibatnya? Mungkin saja hal itu menyebabkab kita merasa bahwa agama ini tidak keren, ataupun ketinggalan jaman.

Kebanggaan terhadap agama akan terkikis karena tak mengenal tokoh-tokoh ilmuwan muslim yang hebat dan keren.

Nah, Islam mempunyai ilmuwan-ilmuwan yang hebat. Tak hanya dirimu saja, kamu juga dapat menceritakan ilmuwan-ilmuwan ini kepada anak sehingga mereka akan bangga dan termotivasi untuk berkarya.

Berikut beberapa ilmuwan muslim yang hebat dan menjadi peletak fondasi peradaban modern saat ini.

Ibn al-Haytham (Alhazen)

deerham.com

Beliau dikenal sebagai bapak optik modern. Yup, Ibn al-Haytham merupakan penemu dan telah melahirkan karya-karyana di bidang ilmu optik dan pencahayaan benda.

Kita tentu tak asing dengan kamera, di jaman sekarang ini kamera bisa dikatakan hal yang rasanya tak boleh ketinggalan ketika berpergian kemanapun.

Tahukah kamu, penemuan beliau menjadi cikal bakal kamera yang masih digunakan hingga saat ini.

Selain penemu optik, Alhazen juga merupakan ilmuwan matematika, astronomi, meteorolgi, dan metode sains.

Abu Nasr Al-Farabi

islamandscience.net

Beliau sangat dikenal kehebatannya hingga orang-orang Barat pada jaman keemasan islam. Di Barat beliau dikenal dengan Alpharabius.

Al Farabi adalah seorang filosofi islam terbesar dalam sejarah. Tokoh kelahiran Kazakhstan ini memiliki banyak karya yang terdiri dari 6 bagian, yaitu Logika, Ilmu-ilmu Matematika, Ilmu Aalm, teologi, Ilmu Politik dan Kenegaraan dan Bunga Rampai.

Karyanya yang paling terkenal adalah Al Madinah AlFadhilah (Kota atau Negara Utama).

Al-Battani

ramadan.sindonews.com

Al-Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Beliau juga dikenal dengan nama Albategnius.

Masih ingat beberapa rumus trigonometri yang kamu pelajari ketika di bangku SMA? Ya, Al-Battani juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri.

Abbas Bin Firnas

www.wright-brothers.org

Selama ini kebanyakan dari kita mengenal bahwa manusia yang pertama yang berhasil terbang adalah Wright bersaudara.

Tapi tahukah kamu, lebih dari 1000 tahun sebelum Wright bersaudara menciptakan pesawat, ada tokoh muslim yag berhasil terbang di udara.

Adalah Abbas Bin Firnas, tokoh muslim yang berhasil terbang selama lebih dari 10 menit. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai ahli sastra, musik,dan astronomi.

Al Jazari

en.wikipedia.org

Tokoh muslim yang satu ini memiliki jasa yang luar biasa. Beliau mengembangkan jam yang bisa digunakan untuk menentukan waktu shalat, puasa, dan haji.

Salah satu karya terbesarnya adalah jam gajah yang bisa mengukur waktu dengan akurat.

Fatimah Al Fitri

herobuz.blogspot.com

Siapa sangka bahwa universitas pertama di dunia diciptakan oleh seorang muslimah. Beliau adalah Fatimah Al Fitri, tokoh Emansipasi wanita di Barat abad 19.

Fatimah Al Fitri mampu membuat universitas modern pertama di dunia. Universitas tersebut berada di kompleks masjid Al Qawariyin di Fez, Maroko.

Perlu kamu tahu pakaian mahasiswa ala Fatimah ini masih dikenakan hingga sekarang. Adalah Toga, pakaian yang berbentuk segi empat tersebut merupakan simbol Ka’bah.

Sinan

annunaki.me

Sinan adalah seorang arsitek muslim yang ahli dalam mendesain bangunan yang luar biasa. Sinan telah membangun lebih dari 470 bangunan megah di jaman Turki Utsmani.

Pernahkah kamu melihat Masjid Selimiye di Turki? Yup, masjid tersebut merupakan karya terbesar Sinan.

Masjid ini memiliki menara anti gempa tertinggi di Turki. Menajubkan bukan? Demikian beberapa ilmuwan muslim yang perlu kita ketahui.

Selain cerdas dan mumpuni dalam ilmu pengetahuan, mereka juga senatiasa menjadikan Allah sebagai Dzat yang selalu ada di dalam hatinya.

Karya-karya dan jasa yang mereka berikan semoga dapat memotivasi kita dan menjadikan inspirator agar labih maju.

[td_smart_list_end]

One thought on “Inilah Ilmuwan Muslim yang Hebat dan Terkenal Sepanjang Masa

  1. Terimakasih infonya sangat luar biasa dapat menamba pengetahuan dan lebih mengenal para ilmuan Muslim yang punya kontribusi besar atas peradabaan manusia di muka bumi ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *