Hai guys, bagi kamu para pemuda yang berideologi dan gak pacaran, tentu dunk pengennya nanti menikah dengan cara taaruf, karena bagaimanapun juga taaruf merupakan jalan terbaik untuk seseorang yang gak pacaran kayak kamu.

Tapi memang taaruf yang berasal dari bahasa arab ini belum banyak diketahui para pemuda, mereka bingung bagaimana prosesnya, bagaimana caranya atau mungkin kayak bagaimana calonnya nanti.

Itu merupakan hal yang biasa kok, namanya juga mau taaruf, jadi wajar bagi kamu yang akan timbul banyak pertanyaan tentang taaruf.

Nah, kamu baca ini sangat tepat berarti, kamu yang ingin taaruf, baca di bawah ini ya, ini lho jurus taaruf yang bagus dan bermutu bagi kamu.

1Kondisikan Keluarga

health.liputan6.com

Tentu hal yang pertama harus benar-benar kamu perhatikan adalah memahamkan orang tua. Sebelum taaruf kamu harus banyak mendekati orang tua, banyak sharing dan banyak berbincang mengenai jodoh.

Suatu saat yang lagi hangat adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk menjelaskan bahwa kamu ingin nikah nanti dengan proses taaruf.

Tentu orang tua akan banyak bertanya “apa itu taaruf”, jelaskan aja intinya kenalan sama seseorang yang sudah kamu percaya dan gak pakai proses pacaran.

Jelaskan juga manfaat taaruf, kasih contoh mereka yang bahagia karena taaruf, jadi orang tua gak bingung dan percaya pada kamu.

2Saatnya Cari Calon

nikahmudanikah.blogspot.com

Setelah orang tua setuju, saatnya kamu cari calon untuk taaruf kamu. Kamu harus punya mak comblang atau fasilitator untuk taaruf ini. Atau kamu juga bisa minta bantuan ustad, teman yang kamu percaya atau orang yang sudah berpengalaman dalam taaruf.

Namanya taaruf memang kudu ada fasilitatornya, gak bisa sendirian. Karena fasilitator tersebut tahu bagaimana cara taaruf yang bener, prosedurnya dan apa-apa saja yang perlu di ketahui dalam taaruf.

3Kenali Calon Kamu

majalahembun.com

Kalau sudah disodori nama oleh fasilitator saatnya kamu tukeran biodata, biodata tersebut berisi profil kamu, sejarah, visi-misi menika, menceritakan dirimu dan sebagainya.

Setelah sama tukar biodata, kamu harus bertemu dengan ada pendamping, baik pendamping dari kamu dan dari calon kamu. Juga kalau bisa dihadiri oleh fasilitator tersebut.

Ketika bertemu tanyakan sekiranya apa saja yang masih mengganjal dihatimu, apa saja yang masih belum kamu pahami tentang dia dan jangan pernah lewatkan kesempatan ini untuk menanyakan padanya hal-hal yang kaitannya dengan saat menikah nanti.

4Saatnya Memutuskan Pilihan

tigasiku.com

Jika sudah mantap dengan calon yang kamu taarufi itu, sudah masuk kriteria, sudah mantap, saatnya kamu memutuskan untuk memilih lanjut khitbah dan akad atau tidak.

Kalau sudah mantap berarti ya lanjut dunk, kalau belum mantap, kamu bisa nyari info lagi tentang dia agar lebih mantap.

Sebelum memutuskan iya atau tidak baiknya kamu istikhoroh dulu, minta petunjuk ALLAH, kalau bayangan kamu dia mungkin yang terbaik, ya sudah tunggu apa lagi.

5Tibalah Waktu Khitbah, Akad dan Walimahan

abiummi.com

Kalau sudah khitbah dan akad, sudah selesai jurus taaruf kamu berarti berhasil, tinggal happy ending memasuki gerbang pernikahan yang indah tapi juga tidak mudah. Btw selamat yah, semoga bahagia hingga ke surga.