Siapa sih yang nggak kenal sama rendang, makanan khas Minang yang sangat terkenal di seantero nusantara. Bumbu rempah-rempahnya yang gurih ditambah rasa pedas dari cabenya, membuat banyak orang rindu untuk selalu mencicipinya.

Tapi, jangan buru-buru terlena dengan rendang ya, soalnya di daerah Minang pun banyak makanan lainnya yang tentunya tidak kalah lezat dengan rasa rendang. Jadi, kalau kamu jalan-jalan ke tanah Minang, yang dicari jangan rendang aja.

stillculture.blogspot.com
stillculture.blogspot.com

Benar nih ada makanan lain yang tidak kalah lezat? Kalau benar pasti asyik sekali ya! Kita jadi punya banyak pilihan dan variasi makanan dan pastinya bikin ngiler orang-orang yang tidak ikut kita menikmatinya.

Tapi, jenis makanannya apa aja nih? Kan kalau sudah tahu bisa langsung dicari kalau sedang ada di tanah Minang. Oke deh, langsung kita lihat saja yuk jenis-jenis makanannya!

1Sala Lauak

wisatamurahpadang.wordpress.com

Jujur deh baru denger ada makanan dengan nama sala lauak. Sebenarnya ini makanan seperti apa ya? Sala lauak merupakan makanan khas Pariaman. Makanan ini berbahan dasar ikan asin dan tepung beras.

Dan yang membuat makanan ini terasa lezat, karena diberi tambahan bumbu seperti kunyit, bawang dan garam. Setelah semua bahan dicampur dengan bumbu, maka sala lauak ini dibentuk bulat-bulat seperti bola pingpong.

Makanan ini biasanya digunakan sebagai makanan pelengkap saat menyantap lontong atau ketupat sayur. Oiya, kalau kita ke tanah Minang, kita bisa dengan mudah lho menemukan makanan ini, baik itu di Kota Padang maupun Pariaman.

2Lamang Tapai

pixabay.com

Makanan lezat lainnya adalah lamang tapai. Sebenarnya lamang tapai ini terdiri dari dua makanan, yaitu lamang yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan santan dan tapai yang difermentasi dari ketan hitam.

Kedua makanan ini merupakan paduan yang sangat serasi dan saling melengkapi. Bayangkan saja betapa lezatnya ketan yang gurih bercampur dengan tapai yang rasanya manis bercampur sedikit asam.

Di mana kita bisa membeli lamang tapai? Kita bisa membeli lamang tapai di pasar-pasar tradisional yang terletak di kota padang atau pun membelinya di Pasar Raya Padang dan Pasar Lubuk Buaya.

3Goreng Rinuak

raidhapramasela.blogspot.com

Rinuak merupakan ikan asli Danau Maninjau. Ikan ini berukuruan kecil, mirip seperti ikan teri. Ikan ini biasa diolah dengan cara digoreng, dipepes atau pun diolah dengan sambal balado.

Namun, jika kamu ingin menjadikan rinuak ini sebagai oleh-oleh, maka kamu bisa membeli rinuak yang digoreng. Rasa rinuak yang gurih dan renyah pasti akan membuat lidahmu tidak henti-hentinya bergoyang.

Oiya, selain di Maninjau, kamu pun bisa membeli rinuak di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Lubuk Basung dan Pasar Matur. Jadi kalau kamu tidak sempat ke Maninjau, kamu bisa beli di pasar-pasar tersebut.

4Dadiah

charlasmansa23.blogspot.com

Jika kita mengenal yogurt yang terbuat dari susu sapi, maka dadiah ini hampir serupa dengan yogurt, tapi terbuat dari susu kerbau. Dadiah biasanya dibuat dengan cara difermentasi dalam sebuah bambu.

Bagaimana masyarakat Minang menyantap dadiah? Dadiah biasanya dihidangkan dengan emping beras ketan, yang kemudian disiram dengan santan dan gula merah. Wah, berarti paduan rasanya campur-campur dong ya! Ada asam, gurih dan manisnya.

5Pensi

sarahdanhasbiy.blogspot.com

Makanan lezat yang terakhir adalah Pensi. Makanan ini terbilang cukup unik. Pensi merupakan sejenis kerang berukuran kecil yang hidup di Danau Maninjau.

Bagaimana rasa dari pensi ini? Rasanya merupakan perpaduan dari rasa manis dan rasa asin. Perpaduan rasa ini didapatkan dari bumbu-bumbu yang ditambahkan saat proses pengolahannya.