Apakah kamu penyuka bunga? Bunga memang memiliki pesona tersendiri bagi sebagian orang. yang menarik dari bunga antara lain warnanya, baunya ataupun bentuk kelopaknya.

Kali ini kita kan membahas tentang bunga Lotus, mungkin kamu pernah mendengar atau bahkan melihatnya.

Bunga Lotus atau biasa dikenal dengan sebutan bunga seroja. Bunga lotus hidup di dareah berlumpur, kolam atau daerah berawa.

Bunga ini merupakan bunga khas negera India dan Vietman. Mungkin ada sebagian masyrakat yang menyebut bunga lotus sebagai bunga teratai.

Namun, sebenarnya kedua bunga tersebut berbeda. Bunga lotus memiliki kelopak bunga yang lebar dan tidak teratur, daunnya lebar dan tumbuh ke atas, ia juga memiliki biji sedangkan bunga teratai tidak memiliki biji.

Bunga lotus memiliki aroma yang harum dan kelopaknya pun memiliki warna yang indah seperti merah, merah muda, putih, ungu bahkan biru.

Selain menarik dan indah, bunga lotus memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat bunga lotus.

Tanaman Hias

20 juli lotus rumah
dipotret.blogspot.com

Jika di rumah kamu memiliki kolam air, maka kamu bisa memanfaatkan bunga lotus untuk memperindah pemandangan di rumahmu.

Kolam air yang ditumbuhi bunga lotus akan membuat rumahmu semakin terlihat indah. Bunga lotus memiliki warna yang menarik indah seperti merah, merah muda, putih, ungu bahkan biru.

Kamu bisa mencoba menanamya, lingkungan rumah akan nampak semakin berwarna dan asri.

Bahan Olahan untuk Berbagai Jenis Makanan

 

20 juli lotus makanan
fjb.kaskus.co.id

Beberapa bagian dari tanaman lotus bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis makanan. Biji dari bunga lotus sering digunakan dalam berbagai jenis makanan seperti dalam pembuatan aneka kue.

Sebab biji tersebut mengandung tepung yang sangat tinggi sehingga pas dan baik digunakan sebagai tepung dalam membuat kue.

20 juli biji lotus
dikaputri39.blogspot.com

Selain itu, biji bunga lotus yang masih muda dapat diolah menjadi bahan minuman pengganti teh. Kadang ada pula yang mengkonsumsi biji bunga lotus segar yang diambil langsung dari dalam bunganya. Biji bunga lotus ini bisa juga dolah menjadi camilan yang enak, rasanya seperti kacang.

Batang dari bunga lotus dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk mengolah berbagai jenis makanan, seperti tumis.

20 juli daun lotus
www.solusiwootekh.com

Daun bunga lotus yang cukup lebar biasanya dimanfaatkan untuk salah satu bahan pembungkus makanan seperti ikan.

Nah, selanjutnya bagian rimpang dari bunga lotus. Negara yang memanfaatkan rimpang bunga lotus sebagai salah satu bahan yang dikonsumsi antara lain Jepang, Tionghoa, dan India.

Akan tetapi, perlu kehati-hatian dalam mengolah rimpang ini sebab rimpang bunga lotus yang dikonsumsi dalam keadaan mentah dapat menjadi agen yang bisa menularkan parasit bernama trematoda.

Semoga informasi di atas bermanfaat.