Inilah Manfaat dari Sungkeman

Posted on

Momen Ramadhan adalah hal yang paling ditungu-tunggu umat Muslim. Pada saat itu para umat Muslim melakukan puasa dan ibadah-ibadah lain dengan lebih semangat.  Sebab bulan itulah bulan penuh berkah.

Nah, saat bulan Ramadhan telah usai kita akan menanyambut hari Raya Idul Fitri. Banyak hal-hal yang mewarnai lebaran seperti mudik atau pulang ke kampung halaman, silaturahmi/ berkunjung ke sanak saudara dan keluarga, bagi-bagi THR, dan ada juga tradisi sungkeman.

Sungkeman merupakan salah satu hal yang identik di hari raya Idul Fitri apalagi di tanah Jawa, sungkeman adalah kebiasaan atau budaya bangsa kita.

Dari kata bahasa Jawa sungkeman berarti bersimpuh atau duduk berjongkok sambil mencium tangan dalam kebudayaan Jawa.

Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwasanya sungkeman ini bukan merupakan bentuk dari penyembahan manusia kepada manusia yang lainnya.

Tapi lebih kepada bentuk rasa hormat yang menunjukkan sikap sopan santun dari orang yang masih muda kepada orang yang lebih tua.

Ketika momen lebaran kamu pasti juga sering melihat kebiasaan orang-orang melakukan sungkeman, atau kamu juga sering melakukan trasdisi ini?

Sebenarnya apa manfaat dari sungkeman? Berikut beberapa ulasannya.

Meminta Maaf

5 2
ohhlunathings.tumblr.com

Semua orang pasti tidak luput dari yang namanya salah dan khilaf. Sungkeman merupakan salah satu bentuk permohonan maaf dan mengakui kesalahan-kesalahan yang bisa juga dilakukan ketika lebaran.

Sungkeman biasanya dilakukan oleh para anak kepada orang tuanya, atau juga istri kepada suaminya.

Pada hakikatnya Idul Fitri berarti kembali ke fitri, kita dianjurkan untuk saling memaafkan agar hati kembali bersih.

Kadang tradisi ini diwarani dengan tangis haru, baik anak atuaupun orang tua dan istri ataupun suami saling mengakui kesaahan dan bermaaf-maafan.

Rasa Hormat

5 3
www.wajibbaca.com

Tidak hanya sebagai bentuk permohonan maaf, sungkeman merupakan salah satu bentuk rasa hormat kepada yang lebih tua.

Sebab sungkeman biasanya dilakukan dengan cara menundukkan kepala, merendahkan pandangan serta  membungkukkan badan sebagai wujud kerendahan seseorang.

Pelajaran akan rasa hormat memang harus diajarkan sejak dini salah satunya dengan melestarikan budaya sungkeman.

Melestarikan Salah Satu Budaya Indonesia

5 1
blog.djarumbeasiswaplus.org

Sungkeman merupakan salah satu tradisi serta kebiasaan yang dilakukan masyarakat Jawa. Tradisi ini kemudian menyebar ke seluruh daerah di Indonesia.

Kebiasaan ini adalah hal yang baik maka kita perlu melestrarikannya apalag jika kebiasaan tersebut memberikan dampak yang positif.

Semoga kita bisa mengambil manfaat dari sungkeman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *