Masjid adalah tempat bagi orang-orang melaksankan ibadah sholat atau ibadah-ibadah lain seperti menuntut ilmu bisa melaui kajian islam, ataupun kegiatan sosial.

Namun, yang utama masjid dijadikan tempat menunaikan ibadah sholat. Bagi kaum laki-laki hukumnya wajib untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Banyak dari mereka berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan sholat. Akan tetapi, sekarang ini kita mungkin jarang melihat orang tua yang membawa anaknya ke masjid saat akan sholat.

Abu Qatadah mengatakan, “Ketika kami sedang duduk-duduk di masjid, Rasulullah SAW muncul ke arah kami sambil menggendong Umamah binti Abil Ash (ibunya adalah Zainab binti Rasulullah), beliau menggendongnya di atas pundak, kemudian Rasulullah mengerjakan shalat,

sedang Umamah masih di atas pundak beliau, apabila ruku’ beliau meletakkan Umamah, dan apabila berdiri beliau menggendognya kembali, beliau melakukan yang demikian itu hingga selessai shalatnya.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’I no.704)

dari hadits tersebut Rasulullah mencontohkan untuk membiasakan anak-anak lebih dekat dan mencintai masjid.

Maka dari itu, sebagai orang tua hal itu menjadi pelajaran untuk membawa anak-anak ke masjid dan mengajarkan kepada mereka untuk lebih dekat dengan masjid.

Nah, berikut beberapa manfaat mendekatkan anak ke masjid.

Menjelaskan Kepada Anak Bahwa Mereka Akan Mendapatkan Kesenangan Batin

18 anak ayah
www.onlinegatha.com

Dengan mengajak anak pergi ke masjid, maka ia akan tahu dan merasakan dalam hatinya saat menunaikan shalat berjamaah akan merasakan ketenangan.

Orang tua bisa menjelaskan dengan beribadah di masjid akan mendapatkan kesenangan batin.

Melatih Anak Mengunjungi Masjid dengan Teratur

18 ke masjid
www.fitrian.net

Sering mengajak anak ke masjid akan membuat mereka terbiasa untuk selalu menunaikan sholat atau beribadah di masjid.

Hal tersebut lama kelamaan akan membuat anak terbiasa untuk mengunjungi masjid secara teratur, dan akan menumbuhkan kecintaan pada masjid.

Melatih Anka Menjaga Sopan Santun

18 sopan
www.tidakbiasa.com

Ketika mengajak anak ke masjid  dan mengerjakan sholat di dalamnya, maka secara tidak langsung mengajarkan anak untuk menjaga sopan santun dalam berperilaku di sana.

Selain itu, juga melatih anak untuk menghormati orang-orang yang mengerjakan sholat berjamaah bersamanya.

Melatih Anak Selalu Bertingkah Laku yang Mulia

kiki widyasari peduli pendidikan
blogminangkabau.wordpress.com

Anak akan terlatih untuk selalu mempratekkan tingkah laku yang baik seperti mengucakan salam, berlaku hormat, berbicara dengan sopan terhadap jamaah masjid yang sholat di dalam masjid, dan lain-lain.

Mempererat Persaudaraan Antar Sesama Muslim dan Menumbuhkan Ruh Berjamaah

jamaah
stiba.ac.id

Mengajak anak ke masjid akan mempererat hubungan anak dengan jamaah muslimin yang lain. Pun secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa bermasyarakat dalam dirinya.

Anak juga memiliki jiwa untuk saling bekerjasama dalam kebaikan dan saling mencintai antar sesama muslim. Itulah salah satu tujuan sholat berjamaah.

Melatih Jiwa Sosial Anak

18 sosial
duogembil.wordpress.com

Ketika orang tua sering mengajak anak ke masjid dan beribadah di dalamnya, maka anak akan menyukai suasana dan lingkungan masjid.

Di sana anak terlatih jiwa sosialnya, seperti membagi-bagikan shadaqoh, zakat, dan amalan sosial lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi umat manusia.