Kita tahu bahwa laut sangat terkenal akan pesona airnya yang bening memukau. Keindahannya mampu memikat banyak orang.

Tidak hanya itu di dalamnya juga menyimpan terumbu karang yang cantik menawan, sehingga tidak heran jika laut menjadi salah satu tempat rujukan bagi wisatawan.

Di beberapa negara terdapat pemandangan yang unik dan sekaligus menajubkan yakni adanya masjid terapung di laut.

Pernahkah kamu mendengar tentang masjid terapung? Bagi siapapun yang melihat masjid ini pasti akan takjub.

Bagaimana tidak, masjid terapung terletak di atas laut dan masjid-masjid tersebut memiliki arsitektur yang sangat gagah.

Seperti apakah masjid-masjid terapung tersebut? Berikut masjid terapung di laut yang terdapat di beberapa negara.

Masjid Fatimah di Jeddah, Arab Saudi

25 Floating-Mosque-Jeddah
www.worldfortravel.com

Adalah Masjid Fatimah, yakni masjid terapung yang sangat terkenal di Arab Saudi. Masjid ini terletak di Jeddah yaitu di pinggiran laut merah.

Ia memiliki luas 20 x 30 meter persegi. Jika kamu masuk ke dalam masjid, maka kamu akan melihat desain interior yang indah dengan didominasi oleh kaligrafi sehingga menambah kesan menarik nan cantik.

Suasana di sana juga sangat nyaman. Meskipun hanya sebagian dari bangunan masjid saja yang berada di laut namun jika laut merah sedang pasang, masjid Fatimah terlihat seolah terapung di laut merah. Menajubkan bukan?

Malacca Straits Mosque di Melaka, Malaysia

25 MalaccaStraitsMosque
www.hovandoholidays.com

Kita berkunjung ke Malaysia. Di sana terdapat masjid terapung yang sangat terkenal yaitu masjid Malacca Straits.

Masjid ini terletak di pinggiran selat Melaka. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2006 ini memiliki desain arsitektur yang didominasi warna putih dan kubahnya berwarna kuning, serta pondasinya tertancap di dasar laut pinggiran pantai.

Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai, India

25 mumbai
www.brightmumbai.com

Nah, ini dia masjid yang benar-benar terapung di laut. Adalah masjid Haji Ali Dargah, masjid terapung yang terletak di wilayah Worli Bay, India.

Untuk sampai ke masjid ini, kamu harus melawati jembatan yang menghubungkan masjid dengan pinggiran pantai. Tentunya masjid tersebut benar-benar dikelilingi oleh laut.

Masjid Amirul Mukminin di Makasar, Indonesia

25 masjid-amirul-mukminin-makassar
muhyasir.wordpress.com

Indonesia juga memiliki masjid terapung lho, yakni masjid Amirul Mukminin. Masjid ini berada tepat di lepas pantai Losari, Makasar.

Ia memiliki nama lain yaitu masjid 99 Al Makazzary. Masjid Amirul Mukminin terdiri dari dua lantai, lantai pertama untuk jamaah laki-laki dan lantai dua untuk jamaah perempuan.

Tidak hanya itu, di sana juga terdapat pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau.

Masjid Al Munawar di Ternate, Indonesia

25 Al Munawar
masjid-13.blogspot.com

Selain masjid Amirul Mukminin, terdapat masjid terapung yang terletak di kota Ternate, tepatnya di pinggir pantai, yaitu masjid Al Munawar.

Masjid ini memiliki dua menara yang pondasinya tertancap di dasar laut. Kamu juga akan disuguhkan oleh keindahan pemandangan laut dengan airnya yang sangat jernih.

Apakah kamu ingin mengunjungi dan beribadah di salah satu masjid terapung di atas? Semoga informasi di atas bermanfaat.

SHARE