Apakah kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar kota? Biasanya para mahasiswa ini ‘menjelma’ menjadi anak kost yang harus hidup mandiri.

Atau kamu yang saat ini bekerja di luar kota dan tinggal sementara di kos-kosan. Memang sebagai anak kost mau tidak kamu harus mengalami long distance relationship (LDR) dengan orang tua.

Menjadi orang perantauan atau anak kos yang jauh dari orang tua, kita dilatih untuk mandiri dan disiplin. Mau makan kita harus berpikir, mau belanja kebutuhan sehari-hari kita juga harus cari sendiri, dan lain-lain.

Akan tetapi hal ini bisa kamu jadikan pelajaran atau semacam keadaan yang melatihmu untuk mampu bersikap mandiri dan kuat.

Hidup hemat adalah salah satu ungkapan yang identik melekat pada anak kost. Kamu dituntut untuk bisa mengatur keuangan dan pengeluaran, mungkin salah satunya tentang urusan makan.

Berikut alternatif makanan yang bisa menjadi menu mu ketika hidup jauh dari orang tua.

1Lezatnya Nasi Goreng Tek-tek

www.apritos.web.id

Sudah menjadi menu populer dan bersahabat dikalangan masyarakat yakni nasi goreng. Adalah nasi goreng tek-tak, menu makanan yang murah tapi rasanya menggoda selera. Harga nasi goreng tek-tek berkisar Rp.8.000 hingga 15.000

Kamu dapat menikamti nasi ini dalam porsi cukup besar. Akan semakin nikmat jika kamu memesan nasi goreng dengan telur dan kerupuk di atasnya. Ehm..yummy.

So, selain murah dan mengenyangkan menu ini kaya akan karbohidrat dan juga protein.

2Gurihnya Nasi Uduk

www.tasty-indonesian-food.com

Alternatif menu lain adalah nasi uduk. Olahan nasi jenis ini memang agak sedikit berbeda. Nasi uduk terasa lebih gurih dibandingkan dengan nasi biasa.

Nasi uduk cukup membuatmu kenyang. Terasa nikamat jika nasi ini kamu tambahi dengan lauk kesukaanmu. Harganya pun juga tidak terlalu mahal berkisar Rp.5.000 – Rp.15.000.

3Ketropak

upload.wikimedia.org

Bosan makan nasi? Kamu dapat menjadikan ketoprak menjadi makanan alternatif yang lain. Harganya cukup ramah di kantong kog yakni sekitar Rp.8.000.

Kamu bisa menikmati makanan yang cukup membuatmu kenyang. Rasanya lezat, campuran tahu, bihun, dan bumbu kacangnya membuatmu semakin lahap menyantapnya.

4Bakso

www.recipeshubs.com

Musim hujan telah tiba, menikmati makanan yang berkuah sepertinya pas menjadi teman dikala dingin.

Adalah bakso, makanan ini sepertinya menempati urutan pertama yang paling diinginkan saat hujan. Kuahnya yang masih panas membuatmu semakin bergairah untuk makan.

Taku tidak kenyang? Eits, jangan salah, bakso juga bisa dimakan dengan nasi.

5Gorengan

nendenrahmawati.files.wordpress.com

Camilan yang enak dan mengenyangkan adalah gorengan. Deretan tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, singkong dan lain-lain mampu mebuatmu tertarik untuk menikmatinya saat bersantai.

Apalagi ketika masih panas, nikmatnya tak tertandingi. Harganya tentu sangat merakyat kog.

Meskipun sedang ‘krisis’ sebagai anak kost tidak harus ngirit soal makanan sampai-sampai kamu makan sehari satu atau dua kali saja.

Kamu masih bisa makan sehari tiga kali dengan beberapa menu di atas, selain murah juga masih terdapat kandungan gizi yang baik.