Berbicara tentang Ramadhan pasti identik dengan ibadah puasa. Yup, pada bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Kita yang berada di negara Indonesia berpuasa dalam sehari kurang lebih selama 13 jam. Lain halnya denga beberapa negara lain di dunia.

Kita tahu bahwa negara-negara di dunia memiliki waktu atau durasi berpuasa pada bulan Ramadhan yang berbeda-beda.

Jika ada negara yang memiliki durasi waktu berpuasa sangat panjang bahkan sampai ada yang harus berpuasa selama lebih dari 20 jam, ada juga negara yang mempunyai kesempatan untuk tidak terlalu lama berpuasa.

Negara-negara yang memiliki durasi berpuasa terpendek disebabkan wilayahnya tersebut telah memasuki musim dingin sehingga siang harinya lebih pendek daripada malam harinya.

Negara apa sajakah itu? Berikut beberapa negara-negara dengan durasi berpuasa terpendek di dunia.

1Chili

id.wikipedia.org

Chili, negara yang beribukota Santiago ini merupakan salah satu negara yang terletak di bumi paling selatan.

Umat muslim di negara tersebut mengawali hari dengan berpuasa pada pukul 05.31 waktu setempat hingga pada pukul 15.00 waktu setempat mereka berbuka puasa.

Jadi durasi berpuasa di negara Chili terbilang cukup pendek yakni sekitar 9 jam an. Meskipun demikian, umat muslim di sana juga harus menjalakan ibadah puasa di tengah udara kering dan cuaca dingin.

Hal tersebut menjadi salah satu ujian bagi mereka dalam menjalankan ibadah puasa, namun semua itu tak menyurutkan semangatnya dalam berpuasa dengan tetap menjalankan puasa.

2Antartika

kanalsatu.com

Antartika, wilayah yang berada di benua paling seletan tersebut memiliki waktu berpuasa selama kurang lebih 9 jam 18 menit.

Tepatnya di Casey Station, Antartika, umat muslim yang berada di sana menjalankan ibadah puasa dengan waktu yang cukup pendek.

Imsaknya yaitu pukul 6.30  pagi waktu setempat dan berbuka puasanya pukul 15.48 waktu setempat.

3Argentina

bordervillage.blogspot.com

Penduduk muslim yang tinggal di Argentina hanya berpuasa selama 9 jam 37 menit. Meskipun umat islam di sana termasuk golongan minoritas, tapi negara yang beribukota Buenos Aires ini merupakan salah satu negara yang ramah terhadap umat muslim.

4Australia Barat

panel.mustangcorps.com

Benua yang terletak tidak jauh dari Indonesia ini memiliki durasi berpuasa sekitar 11 jam 59 menit, salah satunya yakni di Perth dan wilayah Australia Barat lainnya.

Di wilayah tersebut imsak dimulai pukul 05.42 dan berbuka puasa sekitar pukul 17.41 petang.

Itulah beberapa negara dengan durasi waktu berpuasa terpendek di dunia.