panduanhidupsehat.com

Inilah Penyebab Nyeri Sendi yang Perlu Kamu Waspadai

Posted on

Nyeri sendi yang datang secara tiba-tiba adalah hal yang sangat tidak nyaman. Tidak hanya orang yang sudah lanjut usia, mereka yang masih terbilang muda pun juga sering mengalami yang namanya nyeri sendi.

Lantas apa penyebab dari rasa sakit pada persendian ini?  Tidak ada penyebab tunggal dari nyeri sendi.

Karena faktanya ketika rasa nyeri sendi datang, ia tidak terjadi pada bagian tertentu saja. Dengan kata lain terdapat kemungkinan untuk mengalami nyeri sendi pada berbagai bagian tubuh untuk alasan yang berbeda.

Misalnya, terjadi pembengkakan pada lutut, hal itu bisa disebabkan karena encok. Sedangkan misal terjadi pembengkakan pada bahu dapat terjadi karena terkilir.

Ya seperti halnya pembengkakan tersebut, sama-sama pemebengkakan tapi berbeda penyebab. Umumnya penyebab nyeri sendi dapat dibagi menjadi beberapa kategori.

Kategori pertama yaitu inflamasi. Inflamsi atau peradangan merupakan respon tubuh lain terhadap kondisi medis tertentu.

Peradangan  terjadi ketika sel darah putih pada tubuh menyerang virus atau bakteri. Maka dari itu biasanya tubuh menjadi demam ketika sakit.

Penyebab yang kedua bisa jadi karena terkilir atau dislokasi. Dislokasi terjadi ketika tulang dan sendi tidak berada pada tempat yang seharusnya.

Hal itu disebabkan oleh deformitas genetik, trauma atau cedera. Maka dari itu terkilir bisa menimbulkan nyeri sedi

Faktor penyebab nyeri sendi seperti yang kita ketahui pada umumnya karena penuaan. Seiring bertambahnya usia, tulang dan sendi menjadi aus.

Maka dari itu terdapat kemungkinan akan terasa nyeri pada daerah tulang dan sendi yang aus tersebut.

Kemungkinan penyebab nyeri sendi yang lain adalah asam urat, hal ini terakit pada encok. Produksi purin yang tinggi pada makanan yang kita konsumsi akan mengahsilkan asam urat yang membentuk kristal. Contohnya adalah daging.

Kristal tersebut dapat tersangkut diantara sendi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Maka dari itu sebaiknya kita tetap menjaga pola makan.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab nyeri sendi kita bisa lebih berhati-hati dalam menjaga diri dan pola gaya hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *