Menikah menyatukan 2 insan yang berbeda, tentu akan sangat berbeda pula apa yang kamu rasakan ketika hidup bersama dengan seseorang. Walau kamu dulunya pacaran lama, tapi sungguh itu baru 10% yang kamu tahu dari pasangan kamu.

Menikah bakal merubah hidup kamu hampir 100%, perubahan ini pun mau tidak mau harus kamu jalani. Tentu sangat berbeda dengan saat kamu pacaran atau tunangan.

Kalau pacaran hanya sekedar tahu tentang kebaikan pasangan kamu, tapi ini tidak semua keburukannya kamu tahu dan harus kamu terima.

Banyak orang kadang kaget dengan apa yang diketahui setelah mereka menikah, mereka awalnya menganggap menikah sama saja dengan hubungan dengan kekasih, tapi ternyata sangat jauh berbeda.

Inilah beberapa hal yang harus kamu hadapi ketika memutuskan menikah dengan pasangan kamu.

1Setiap Hari Penuh dengan Cinta

remajaislamhebat.wordpress.com

Hal yang pertama yang harus kamu siapkan adalah perasaan cinta yang tidak ada habisnya, mungkin bisa saja ketika kamu harus melayani suami atau istri padahal saat itu kamu sedang tidak mood dan tidak punya semangat.

Belum lagi kalau sudah punya anak, tanpa adanya cinta rumah tangga akan hampa.

Tentu ini sangat berbeda dengan ketika masih membujang ataupun pacaran, pacaran hanya saat-saat tertentu mengutarakan cinta, saat lagi senang saja, berbeda sekali dengan saat menikah yang harus selalu ada.

Mau tidak mau dan tidak bisa tidak harus ada cinta, entah bagi seorang istri ataupun bagi suami, kalau anaknya sudah lebih dari 2 apalagi, cinta harus ada dan pintar dalam berbagi.

2Saat Tinggal Bersama

ummi-online.com

Menikah rata-rata tinggal bersama, tentu jika tinggal bersama akan sangat berbeda dengan saat bujang dalam kesehariannya. Dulu yang biasanya kamu masih dilayani orang tua dalam makan, sekarang harus memasak atau nyari sendiri.

Bagi seorang istri malah harus melayani suami, diawal-awal menikah akan sangat terasa sekali, yang dahulunya tidak biasa melayani, tidak biasa memasak, sekarang harus mau melakukan itu, harus terbiasa dengan itu.

Itu baru soal makanan, masih banyak yang harus dibiasakan seperti kebiasaan buruk suami saat tidur, kebiasaan istri saat bangun tidur , saat males, saat gak mood dan lain sebagainya.

Intinya semua kebiasaan dari suami harus diterima dengan ikhlas, begitu puan kebiasaan istri, entah baik atau buruknya semua harus menerima bersama.

3Keuangan Menjadi Perencanaan Bersama

findonews.com

Masalah keuangan memang sangat sensitif, kamu yang dulunya bebas bergerak beli apa saja, mungkin sekarang sudah sangat berbeda. Kamu harus mengatur sedemikian rupa untuk masa depan keluarga.

Baik tabungan masa depan, tabungan kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Tentu itu semua harus diatur dan terencana dengan kesepakan berdua, tidak bisa ada yang merasa tidak didengar pendapatnya, harus menjadi pemikiran dan perencanaan bersama.

4Keluarga

fadjarp3g.wordpress.com

Menikah dengan calon kamu bukan berarti menikahi calon kamu saja, tapi menikahi semua keluarganya juga. Kamu harus beradaptasi dengan gaya keluarga tersebut.

Tidak cukup disitu saja, kamu juga kadang harus menyatukan keluarga tersebut dalam satu pemikiran, kadang kalau tidak terjadi bisa timbul pertengkaran yang biasanya sulit untuk menyelesaikannya.

Untuk ini kamu perlu bersikap lebih dewasa dari biasanya, bukan seperti anak kecil pacaran yang dicuekin sedikit ngambek dan marah, sungguh kamu tidak bisa bersikap seperti itu lagi.

Dunia kamu sudah berbeda, kamu bukan dunia remaja, tapi dunia manusia yang sesungguhnya.

5Komunikasi

ummi-online.com

Komunikasi adalah salah satu kunci kebahagiaan rumah tangga, tentu dalam masa ini akan sangat berbeda cara , pola dan gaya komunikasi kamu dengan pasangan kamu.

Saat menikah komunikasi harus lebih intensif, terbuka, jujur dan tidak ada rahasia dalam keluarga, tidak hanya masalah pekerjaan tapi semua yang bersangkutan dan ada hubungannya dengan keluarga harus dikomunikasikan bersama.

Tidak bisa hanya seorang diri dan menutupi dari pasangan, karena pasangan adalah bagian dari tanggung jawab kamu, separuh jiwa kamu dan ia adalah setiap hari yang membutuhkan kamu.

Jadi komunikasikan apa saja, entah itu berita buruk atau baik yang penting bicarakan dengan pasangan kamu.

Siapa tahu pasangan kamu yang justru memberi solusi di tiap masalah, pasangan kamu yang memberikan semangat di saat banyak keluhan dalam bekerja dan pasangan kamu yang mampu memberikan nasehat yang baik saat kamu terpuruk dari agama.

Itulah beberapa dasar yang perlu kamu tahu dan menjadi perubahan saat kamu memutuskan untuk menikah, jika kamu sudah benar-benar siap, maka majulah.

Jika masih ragu dan berpikiran nikmatnya bujang maka tahanlah sebentar hingga kamu benar-benar sadar.

Semoga bermanfaat ya