tips-ukm.com

3 Rahasia Budidaya Ikan Koi untuk Hasil yang Maksimal

Posted on

Merawat dan memelihara Ikan Koi yang baik mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa kalangan. Pokok dasar yang perlu diketahui adalah kolam yang cocok, air yang sesui dan teknik pemberian pakan.

Usaha budidaya ikan koi ini cukup berkembang dengan baik di daerah Blitar, Jawa Timur. Dari waktu ke waktu, ikan koi lokal ini mengalami peningkatan kualitas. Pangsa pasar semakin terbuka bagi para pembudidaya dengan semakin mahalnya koi impor.

Cara membudidayakan ikan koi tidak jauh berbeda dengan budidaya ikan mas. Hanya saja yang menjadi krusial adalah ketersediaan bibit berkualitas. Nah, untuk itu yuk simak ulasan terkait tips dan trik membudidayakan ikan koi.

Memilih Induk

bisnis.10terbaik.com
bisnis.10terbaik.com

Memilih induk adalah peranan penting dalam budidaya ikan koi. Indukan yang bagus secara genetis akan menghasilkan keturunan yang bagus, begitu kira-kira hukum umumnya. Induk yang bagus biasanya dimiliki oleh para penangkar ikan koi.

Jika kamu kesulitan mendapatkannya, kamu bisa meminjam induk yang bagus ini ke penangkar atau pehobi budidaya ikan koi yang sudah handal.

Di sini kamu bisa kerja sama dengan pemilik ikan. Dimana pemilik diuntungkan karena ikannya bisa dikawinkan dan pembudidaya bisa mendapatkan keturunan berkualitas. Sebagai imbalannya, biasanya si pemilik dipersilakan memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkawinan.

Memberi Pakan

tips-ukm.com
tips-ukm.com

Pakan berfungsi selain untuk membantu pembentukan tubuh ideal dan mencemerlangkan warna pada ikan koi, juga sebagai media perantara untuk mengobati ikan koi yang sakit. Jenis pakan yang diberikan bisa berupa pakan alami atau pakan pakan buatan.

Yang terpenting pakan tersebut mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan koi. Pakan sebaiknya diberikan dua kali sehari, pagi dan sore agar kebutuhan gizi ikan koi terpenuhi.

Menjaga Kualitas Air

www.youtube.com
www.youtube.com

Filter empat lapis juga perlu dipasang untuk menjaga kebersihan dan kelancaran pasokan air. Filter empat lapis adalah filter yang terdiri dari filter pertama yang terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk yang berfungsi menyaring sampah dan Lumpur yang mengotori kolam.

Filter kedua bisa di isi dengan karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan racun, bau tak sedap, dan membunuh bibit penyakit. Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam.

Sedangkan filter keempat berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat kotoran.

Nah, inilah 3 tips untuk sukses membudidayakan ikan koi. Selamat mencoba.

[td_smart_list_end]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *