Pernahkah kamu naik kereta api? Mungkin sebagian dari kita saat pergi ke suatu tempat menggunakan transportasi darat dengan kereta api.

Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang menjadi favorit di Indonesia maupun di dunia.

Menggunakan kereta api sebagai alat transportasi memang memiliki kelebihan. Kamu tidak akan terganggu dengan yang namanya kemacetan, perjalanan pun menjadi menyenangkan, kamu bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan

Akan tetapi, kadang kereta api melewati  jalur atau rute yang menegangkan, misalnya melewati jembatan tinggi sehingga membuat para penumpang merasakan ketakutan atau rasa was-was.

Berbicara tentang jalur kereta api, berikut beberpa jalur kereta api terkestrim di dunia.

Pilatus Railway, Swiss

27 pilatus
www.grayline.com

Di Swiss terdapat jalur kereta api terkestrin di dunia. Pada umumnya kemiringan rel kereta api adalah 38 persen, nah pada jalur kereta api ini memiliki kemiringan 48 persen.

Selain itu rute Pilatus berada di ketinggian 2073 mdpl, bisa kamu bayangkan betapa ekstrimnya? Mungkin jika kamu naik kereta di jalur ini akan merasakan ketegangan yang luar biasa.

Rute yang dibangun pada tahun 1889 ini menghubungkan Alpnachstad dengan Danau Lucerne. Meskipun jalurnya begitu ekstrim, para penumpang tidak perlu takut sebab rute ini sudah dilengkapi dengan gerigi di tengah rel.

Gerigi tersebut berfungsi mencegah rel agar tidak mundur saat kereta berhenti. O ya, kereta api ini hanya beroperasi saat rel tidak tertutup salju, yakni antara bulan Mei dan November.

Potrerillos Railway, Chile

27 Train from Potrerillos mine to Diego de Almagro, Chile
plus.google.com

Rute yang dibangun oleh Perusahaan Andes Copper Mining di tahun 1916 ini terletak di Pegunungan Andes dan berada di ketinggian 2850 mdpl.

Rute ini memiliki panjang kurang lebih 155 kilometer dan berkelok-kelok menghubungkan area pertambangan Potreillos hingga ke Chanaral dan pelabuhan di Barquito.

Rute Potrerillos berfungsi untuk membawa pasokan ke Potrerillos dan mengurimkan tembaga yang sudah dimurnikan ke Barquito.

Namun, pada tahun 1959 tambang ini akhirnya ditutup karena biji tembaga semakin menipis.

Minami Aso Railway, Jepang

27 j
zekkeijapan.com

Rute ini terletak di wisata alam Kumamoto Prefecture, Jepang. Rute Minami Aso melewati Gunung Aso yakni gunung berapi teraktif di Jepang serta melewati ngarai, lembah dan jurang yang dalam.

Jika kamu ingin mencoba naik kereta dengan rute ini lebih bagus saat musim gugur. Pada saat itu hutan yang dekat dengan Gunung Aso  terbakar oleh aktivitas magma sehinga pemandangan yang disuguhkan seolah seperti lautan emas.

Argo Gede Railway, Indonesia

27 a
versesofuniverse.blogspot.com

Tidak hanya di luar negeri, ternyata di Indonesia juga memiliki jalur kereta api terekstrim. Jalur ini menghubungkan Jakarta dan Bandung.

Jalur Argo Gede melintasi jembatan tinggi di atas jurang, pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah, kamu bisa melihat liukan sungaidi bawah rute kereta. Apakah kamu pernah naik kereta api di jalur ini?

Itulah beberapa rute kereta api terektrim di dunia, semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kita.