Setiap orang tua di dunia pasti mengharapkan anak-anaknya bahagia. Sampai-sampai banyak orang tua yang salah kaprah bahkan menghalalkan segala cara agar apa yang diinginkan anaknya terpenuhi.

Namun, walau ada keinginan untuk membuat anaknya bahagia, banyak di antara orang tua ini yang tidak menyadari bahwa ternyata tidak sedikit dari sikapnya yang tidak disukai oleh anaknya

Tanpa diketahui, bisa jadi anak menangis karena sikap dan perlakuan orang tuanya sehari-hari. Jika hal ini dibiarkan, maka akan membuat tingkat kepercayaan anak kepada orang tuanya menurun, sehingga secara jangka panjang akan mempengaruhi kedekatan antara anak dan orang tuanya.

Sebenarnya, sikap orang tua yang seperti apa sih yang tidak disukai oleh anak? Agar kita bisa mengindari sikap tersebut, langsung kita cari tahu yuk sikapnya seperti apa!

1Berjanji Tapi Sering Ingkar

malemminggu.wordpress.com

Seringkali, untuk meminta anak melakukan sebuah kebaikan, kita sering mengiming-iminginya dengan aneka macam janji. Tapi yang sangat disayangkan, banyak orang tua yang sering ingkar dengan apa yang pernah mereka janjikan.

Orang tua mungkin menganggap anaknya belum paham atau belum ngeh kalau janjinya tidak terpenuhi, namun jika hal ini dilakukan secara terus menerus, anak pun akan membaca polanya. Sehingga membuat anak sebal dan kehilangan kepercayaan kepada orang tua.

2Diomeli Itu Nggak Enak

nikkycoretanku.blogspot.com

Untuk sikap yang kedua ini, mungkin kita perlu bercermin terhadap diri sendiri. Apakah waktu kecil kita senang kalau sering diomelin sama orang tua? Ya, walaupun sumber adanya omelan itu karena ulah kita sendiri.

Pasti kamu nggak suka kan diomelin? Begitu pun dengan anak-anak. Semakin sering mereka diomelin, maka mereka akan beranggapan bahwa apapun yang mereka lakukan selalu salah di mata kedua orang tuanya.

3Ayah dan Ibu Sering Bertengkar

perfectogift.com

Para orang tua perlu sadar, bahwa anak-anak sangat menyayangi kita sebagai orang tuanya. Sehingga saat menemukan kedua orang tuanya bertengkar, maka hati mereka merasakan sakit. Mereka tidak ingin orang yang mereka sayangi saling menyakiti.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari pertengkaran jika sedang berada di dekat anak. Tunjukkanlah bahwa kedua orang tuanya saling menyayangi dan mampu menyelesaikan masalah dengan bijaksana.

4Tidak Memenuhi Keinginannya

sekolahmenyenangkan.org

Semua anak di dunia, termasuk orang dewasa juga, pasti akan kecewa jika keinginannya tidak terpenuhi atau orang tuanya tidak mampu memenuhi kebutuhannya.

Sebagai orang tua apa yang perlu kita lakukan jika anak kita ngambek atau marah akan hal tersebut? Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menerima emosi yang dirasakannya.

Oiya, satu hal yang perlu kita ingat, jangan buru-buru menasehati mereka. Cukup pahami saja perasaan mereka. Jika anak sudah tenang, baru kita ajak bicara. Jelaskan alasan kenapa kita tidak memenuhi keinginannya.

5Tidak Perhatian

gigisusu.net

Setiap anak selalu senang dan butuh diperhatikan. Kalau kurang perhatian, biasanya mereka mencari perhatian dengan melakukan aneka tindakan yang tidak semestinya.

Anak paling tidak suka jika orang tuanya terlalu sibuk dengan urusannya sendiri. Apalagi jika ia dibiarkan main sendiri, sementara orang tua sibuk dengan gadget-nya masing-masing.

6Berbohong

ismailtri03.wordpress.com

Jangan sekali-kali berbohong kepada anak, karena anak sangat tidak menyukainya. Walaupun kebohongan yang kita buat berdalih demi kebaikan.

Berusahalah untuk selalu jujur kepada mereka, walaupun kesannya menyakitkan. Namun, dengan membiasakan bersikap jujur, maka anak akan benar-benar percaya kepada kita.

Demikianlah beberapa sikap orang tua yang tidak disukai anak. Bagaimana, apakah ada di antara sikap itu yang pernah kamu lakukan? Semoga saja tidak.