Menjadi seorang wirausaha memang susah-susah gampang, setiap pekerjaan juga ada enaknya dan ada sulitnya juga, namun itulah seninya hidup mengejar dan berusaha mendapatkan rezeki dari Tuhan, manusia wajib berusaha dan berdoa, Tuhan yang menentukan.

Nah, salah satu pilihan dalam berwirausaha adalah memulai bisnis di bidang jasa konveksi. Secara lahir memang terlihat bisnis ini menguntungkan karena tidak ada kata basi dari sebuah busana atau kain.

Namun tetap dalam bisnis ada suka ada juga dukanya, terutama saat memulai bisnis tersebut dari angka nol. Dan beberapa paparan di bawah ini bisa menjadi gambaran bagi kamu yang hendak memulai bisnis jasa konveksi, agar lebih siap dan mantap memulainya.

Masalah Stok Kain

aneka-kain-kemeja-pria
plazakain.com

Masalah kain juga susah-susah gampang. Beberapa pelanggan mungkin meminta kain yang umum dan mudah dicari, namun tak sedikit pula pelanggan yang meminta kain yang agak langka dengan harga mahal.

Harga kain juga tak bisa dipukul rata dari jenisnya, namun bisa berbeda karena beda warna juga walaupun jenis atau bahannya sama.

Namun pelanggan kadang tak mau tahu dan menganggap bahwa kain yang bahan atau jenisnya sama maka harganya juga sama. Hmm..

Masalah Jahitan

bisnis-usaha-konveksi
konveksian.com

Namanya juga manusia, ada kalanya dalam menjalankan pekerjaan atau tugas memang kadang lancar kadang juga ada kendala sehingga membuat sedikit terbengkalai atau tertunda.

Dan tentang masalah jahitan, dalam awal membangun bisnis konveksi, mencari penjahit tetap memang biasanya menjadi pilihan akhir, sehingga para pemula memutuskan memilih menaruhnya pada penjahit yang mandiri.

Dan penjahit ini juga tidak menjahit pesanan kita saja kan? Sehingga memang kita harus sabar jika ternyata jahitan kita agak lama, sehingga cara kita melobby pelanggan agar sabar juga harus jitu. Hehehe.

Masalah Desain

Gambar 2 alt copy
remuzmarvelouz.blogspot.com

Desain juga menjadi hal yang seriusharus diperhatikan. Beberapa pelanggan mungkin dengan baik hati membuat desain sendiri dan kita tinggal membuatkan sesuai contoh, namun banyak juga yang minta dibuatkan desain oleh kita.

Nah, celakanya jika desain tersebut tak sesuai, banyak juga yang complain dengan kita, dan kita juga harus bisa bersabar karena yang membuat kan penjahit, sehingga memang tugas kita untuk benar-benar teliti.

Masalah Ekspedisi

490505_20121115085536
fjb.m.kaskus.co.id

Bagi usaha jasa konveksi pemula, masalah ongkos kirim juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bagaimana untuk membentuk sebuah jaringan pelanggan kita bisa menekan biaya ongkos kirim dan sampai menggratiskannya sebagai bentuk promosi.

Namun memang harga-harga ekspedisi pengiriman barang sekarang beragam, maka bagaimana pintar-pintarnya kita dalam mengelola keuangan. Menbuat SOP kerjasama dengan pelanggan yang baik dan siap disepakati bersama, serta memutar uang dengan bijak.