Apakah kamu memiliki tokoh superhero kesukaan? Siapa tokoh superhero favoritmu? Mungkin kamu tak asing dengan superhero seperti superman, Hulk, Captain Amerika,dan sebagainnya.

Serial film superhero yang saat ini tengah booming kebanyakan berawal dari cerita dalam komik. Film yang ditayangkan sangat menarik dan tak kalah seru dengan yang ada di dalam komik.

Tahukah kamu bahwa ternyata Indonesia juga mempunyai superhero hebat yang tidak kalah dengan superhero luar negeri yang kita kenal selama ini.

Deretan superhero Indonesia tergambar di dalam komik. Komik asli Indonesia pernah berjaya padatahun 1969 sampai sekitar tahun 1980-an.

Berikut beberapa superhero Indonesia yang pernah berjaya pada masanya.

1Gundala Putra Petir

www.bumilangit.com

Tokoh superhero ini adalah ciptaan Hasmi yang paling fenomenal. Bagaimana tidak, Gundala dibuat sebanyak 23 judul dalam kurun waktu sejak dirilis pada tahun 1969 hingga 1982.

Kisah Gundala berawal ketika Sancaka, seorang peneliti jenius yang tersambar petir. Ia mengalami koma, pada saat koma sebuah kekuatan dari planet lain menariknya dan ia diangkat anak raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz.

Ia diberi kemampuan super yang bisa memancarkan petir dari telapak tangan. Maka lahirlah Gundala sebagai jagoan yang menumpas kejahatan.

2Aquanus

ayobuka.com

Aquanus berasal dari komik ciptaan Wid NS.  Ia muncul pertama kali dalam judul komik “Aquanus di Planet Vibhy” pada tahun 1968.

Aquanus berasal dari kata Aqua yang berarti Air dan Nus berasal dari kata Dhanus yakni nama seorang anak bangsa Ziba.

lunglay.blogspot.com

Ziba adalah bangsa yang bisa hidup di darat dan di air. Dhanus adalah putra angkat Raja Sving di Planet Ziba.

Pada saat itu terjadi penyerangan bangsa Burbur ke Planet Ziba maka dari itu Dhanus yang masih bayi dilarikan dengan menggunakan roket ke luar angkasa. Namun, roket itu jatuh ke lautan di planet bumi.

Disanalah ia dirawat oleh pemburu keluarga paus. Saat berenang di laut, Dhanus bertemu bangsa Vibhy yang memberinya sabuk pelangi. Sabuk pelangi itulah senjata Aquanus.

3Godam Manusia Besi

lunglay.blogspot.com

Masih tokoh karya Wid NS, Godam muncul pada tahun 1969 dalam komik “Memburu Dokter Setan. Adalah Awang, pria yang memiliki kepribadian jujur dan luhur, ia mendapatkan sebuah cincin dari Bapak Kebenaran.

Nah, dari cincin itu, Awang bisa berubah menjadi Godam. Dengan kekuatan supernya ia melawan musuhnya yakni Roh Dokter Setan.

4Sembrani

rringgawedewe.blogspot.com

Superhero ini adalah tokoh ciptaan Hasmi yang muncul pada tahun 1974 pada serial Gundala berjudul “Pendekar”.

Dikisahkan seorang pemuda bernama Tangguh tiba-tiba tertarik turun ke bawah Kawah Dieng saat ia sedang berada di tepi kawah gas beracun itu.

Di dalam kawah ia menemukan pesawat luar angkasa yang menetralisir racun, lalu ia bertemu dengan Otohrb, panglima perang yang memberinya kalung sakti.

Dengan kalun itu ia dapat berubah menjadi superhero bernama Sembrani yang memiliki kemampuan menetralisir medan magnet,listrik dan racun. Sembrani juga bisa terbang.

5Pangeran Mlaar

hijackupgrade.deviantart.com

Pangeran Mlaar adalah tokoh ciptaan Hasmi yang muncul dalam komik Gundala berjudul “Perhitungan di Planet Covox” padatahu 1969.

Mlaar adalah putra makota kerajaan planet Covox. Ayahnya dibunuh oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak.

Oleh pamannya, Mlaar dilarikan dan disembunyikan. Berkat campur tangan pamanya yang juga merupakan seorang ilmuan, Mlaar memiliki kekuatan elastisitas.

6Caroq

mendadaksalmon.blogspot.com

Caroq adalah superhero yang terdapat dalam komik ciptaan Ahmad Thoriq pada tahun 1992. Awalnya ia hanya seorang supir taksi bernama Ongko.

archive.kaskus.co.id

Karena sebuah peristiwa ia memiliki sebuah kekuatan magis yang dapat merubah dirinya menjadi superhero.

Caroq memiliki dua bilah celurit sakti yang panjang dan musuh bebuyutanya adalah Si Tangan Emas dan Si Bengis.

7Kalong

upload.wikimedia.org

Kalong berarti Kelelawar. Yup, seperti namanya wujud dari pahlawan ini seperti kelelawar. Ia muncul pada serial Gundala “Calong Anak Kelelawar” pada tahun 1972.

Ada anak bernama Agus yang tersesat di hutan dan ia terperosok ke dalam goa yang penuh dengan kelelawar.

Agus beretemu dengan bangsa manusia kelelawar dari kerajaan Laksa Bantala. Xamfereet adalah raja kelelawar yang memberinya sebuah benda ajaib yang jika ditempelkan di kening Agus, ia akan berubah menjadi Kalong.

Itulah sebagian superhero asli Indonesia. Masih banyak lahi superhero yang dulu populer di Indonesia.

Namun, kini mereka tidak lagi terkenal. Akan lebih baik jika superhero Indonesia itu dimunculkan dalam serial film anak-anak. Maka anak-anak akan memiliki tontonan yang menarik dan layak.