Mungkin agak asing saat kita mendengan istilah ‘pelecehan emosional’. Memang tidak ada definisi secara pasti mengenai pelecehan seksual.

Sebab hal itu terjadi dalam kasus-kasus yang berbeda  tingkatannya. Korban pelecehan emosional mungkin telah dihantui oleh perasaannya sendiri atau bisa juga mereka terlalu takut.

Maka dari itu, mereka memilih untuk bersembunyi dari kenyataan. Pelecehan emosional tidak bisa dengan mudah dikenali.

Sebab si korban ini cenderung menutup diri sehingga pelaku malah dengan leluasa melakukan aksinya. Pelecehan ini bisa berdampakburuk, dapat mempengaruhi kepercayaan diridan kemandirian diri seseorang.

Berikut beberapa tanda seseorang yang mengalami pelecehan emosional.

Korban Cenderung Mengasingkan Diri

kiki widyasari
iilajah.blogspot.com

Korban pelecehan emosional merasakan tidak tertarik untuk mengetahui hal-halbaru yang ada disekitarnya dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Ia tidak ingin ada orang lain yang ‘mengusik’ dirinya ataupun keluarganya. Korban ini seolah dibutakan oleh perasaannya sendiri, terlalu takut terhadap hal apapun bahkan sulit mempercayai orang lain.

Mengalami Pelecehan Verbal

emo 2
majimaksarang.blogspot.com

Memang perkataan tidak bisa menghancurkan raga, akan tetapi ketika seseorang dilecehkan dengan kata-kata maka hati yang merasakan dan munculah ketakutan secara emosional.

Sehingga ketika seseorang dilecehkan secara verbal ia juga telah mengalami pelecehan emosional. Kebanyakan pelaku pelecehahan ini menutupi aksinya dengan menyalahkan korbannya. Kamu perlu mewaspadainya.

Misalnya si pelaku membuat pernyataan,”Kamu itu terlalu sensitif”, atau ia bisa mengatakan “Semua itu karena kesalahanmu”

Korban Bertindak Seperti  ‘Budak’

emo 3
www.solokebaya.net

Biasanya korban dari pelecehan emosional ini bertingkah laku seperti seorang budak terhadap pelakunya.

Kita sebaiknya perlu mewaspadai hal tersebut, yang lebih penting mengenali tandanya. Yakni mengetahui perbedaan antara menghargai seseorang secara sama dan cara memperlakukan seseorang seperti seorang bangasawan memperlakukan budaknya.

Cemburu

Jealous
rizkaawan.blogspot.com

Inilah salah satu karakter yang muncul dari pelaku pelecehan emosional, cemburu. Pelaku pelecehan emosional akan melihat segala hal yang dilakukan korban sebagai tindakan pembangkangan.

Selain itu, pelaku pelecehan emosional juga memiliki sikap ingin mengendalikan semua orang. tingkat kecemburuan tersebut akan bertambah besar jika ia tidak mampu mengendalikan siapa yang ia inginkan.

Itulah beberapa tanda-tanda pelecehan emosioanal, apakah ada orang-orang sekitarmu dengan tanda demikian atau kamu sendiri pernah mengalaminya?

Sebaiknya segera diwaspadai dan dikenali agar pelecehan emosional tersebut tidak bertambah parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here