Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, kebanyakan orang-orang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Mereka-mereka yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi disebut sebagai mahasiswa. Menjadi mahasiswa pastinya merasakan belajar di dalam kelas, merasakn kembali yang namanya tugas-tugas yang tentunya berbeda dari tugas-tugas di masa sekolah dulu.

Ya begitulah menuntut ilmu. Dan yang tak terlupa mahasiswa juga harus mengerjakan ujian. Tak hanya anak sekolah saja, ujian pun juga dialami para mahasiswa.

Mereka juga memiliki karakter atau tipe yang berbeda-beda pula, lucu dan menarik jika kita ulas. Setiap mahasiswa memiliki cara atau strategi-strategi tersendiri dalam menyelesaikan ujian.

Berikut beberapa tipe mahasiswa ketikan tengah ujian.

Mahasiswa yang Idealis

1 mahasiswa idealis
www.kebeletkawin.com

Mahasiswa tipe ini sangat patuh terhadap peraturan ujian. Mereka tidak memiliki niat untuk mencontek, bertanya ke teman sebelah, ataupun berusahan curi-curi pandang terhadap lembar jawaban teman.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, ketika teman yang lain meminta jawaban atau bertanya mereka tidak akan memberikan jawaban.

Mahasiswa yang idealis sudah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan ujian dengan semaksimal mungkin. Mereka sudah memiliki tekad untuk mendapatkan hasil ujian yang baik.   

Mahasiswa Cheater

1 mahasiswacheater
zyagroup.blogspot.com

Untuk tipe mahasiswa ini biasanya beberapa jam sebelum ujian telah menyiapkan atau menulis contekan dengan ukuran yang sangat kecil.

Mungkin hanya dia yang bersangkutan saja yang mampu memahami dan membacanya. Berbagai media bisa dia manfaatnkan untuk melancarkan aksinya seperti kertas-kertas kecil yang dimasukkin di dalam saku atau kotak pensil, kertas buram,  di tangannya, ataupun di balik kartu ujian.

Mereka yang sudah ahli dalam hal ini memiliki insting dalam mengetahui keberadaan pengawas ujian sehingga dalam ‘beraksi’ selalu aman terkendali.

Mahasiswa dengan Jawaban Berlembar-lembar

1 mhasiswa lmbar
news.okezone.com

Ada juga mahasiswa yang selalu memiliki jawaban berlembar-lembar layaknya seorang novelis yang suka menuangkan kisah di atas kertas.

Beberpa menit setelah soal dibagikan tipe mahasiswa ini sudah maju ke meja pengawas untuk meminta lembar jawaba lagi sebab jawaban mereka teramat panjang.

Nah, bagi kamu yang sempat melirik jawabannya pasti terintimidasi sebab jawaban kalian tak begitu lengakap. Bahkan bagi mahasiswa yang belum mengerjakan karena kebingungan malah merasa terpojok dan terintimidasi tingkat tinggi.

Memang tipe mahasiswa seperti itu jarang-jarang ada. mereka adalah mahasiswa yang prefect, tidak ingin jawabannya salah, makanya mereka rela menuliskan dan menjelaskan jawabannya dengan jelas dan panjang lebar.

Mahasiswa yang Pura-pura Tidak Tahu Apa-apa

1 mhsiswapura pura
www.kompasiana.com

Mahasiswa tipe ini bisa dibilang mampu ber-mimikri seperti bunglon. Ketika ditanya jawaban oleh temannya, dia bisa mengatakan ‘tidak tau”.

Tapi ketika hasil ujian dibagikan nilainya bagus-bagus. Nah lho, ia pintar berkamuflase. Biasanya mereka adalah mahasiswa yang jenius atau pintar yang tak rela jika jawabannya dibagi-bagikan kepada orang lain.

Setelah selesai ujian mahasiswa tipe ini keluar dengan menampakkan wajah yang seolah galau gelisah tidak bisa menjawab. Akan tetapi ketika nilainya diumumkan dia mendapat nilai yang sangat baik.

Mahasiswa SKS

1 mhaiswa sks
www.lpmdinamika.co

Sudah menjadi hal umum yang biasa dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa yakni belajar dengan sistem kebut semalam atau yang biasa disebut dengan SKS.

Mahasiswa yang melakukan sistem ini tak jarang banyak yang gagal dalam mengerjakan ujian. Namanya juga belajar semua materi dalam semalam seperti memaksa makan orang yang sudah kenyang tentu makanan itu tak dapat masuk karena perut sudah kenyang.

Sebaiknya cara ini tidak kamu lakukan, selain tidak efektif juga berdampak tidak baik bagi tubuh karena kebanyakan mereka yang menjalani SKS akan begadang.

Mahasiswa Pasrah

1 mhasiswa pasrah
blogsweetblog-iwoel.blogspot.com

 

Nah untuk mahasiswa ini mereka tidak belajar sebelum ujian pun tidak melakukan belajar sisttem SKS.

Kedatangan mereka dalam ruang ujian seolah hanya untuk mengisi presensi dan duduk membaca soal tanpa berusaha ‘kepo’ terhadap jawaban dari soal.

Mereka hanya pasrah berharap dapat ilham untuk bisa menjawab soal atau ‘mengarang bebas’ jawabannya.

Itulah tipe mahasiswa saat mengerjakan ujian, kamu yang mana?