Apakah kamu memiliki hobi traveling? Bagi kamu umat muslim yang suka berpergian atau traveling pastinya kamu ingin melakukan hobi travelingmu meskipun sedang berpuasa.

Mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan dan dapat menikmatinya merupakan hal yang bisa memberikan sensasi tertentu bagi pencinta traveling.

Nah, bagaimana jika traveling tersebut saat puasa? Melakukan traveling saat puasa sebaiknya harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Agar agenda travelingmu tetap menyenangkan. Salah satu hal yang diperhatikan adalah tentang buka dan sahur.

Perkara buka puasa merupakan hal yang cukup mudah, kita bisa menemui banyak rumah makan yang tentunya buka di jam-jam tersebut.

Lantas bagaimana dengan sahur? Kadang kamu akan menemukan sedikit kesulitan untuk makan sahur saat sedang traveling.

Apalagi jika kamu sedang melakukan traveling di negeri orang. Maka dari itu, segala sesuatunya harus kamu persiapkan dengan matang.

Berikut beberapa kiat sahur bagi kamu yang sedang traveling.

1Perhatikan Jadwal Waktu Puasa

www.drakemedia.net

Ketika kamu melakukan traveling ke beberapa tempat pastinya kamu harus memahami tentang waktu setempat, apalagi pas bulan Ramadhan.

Perhatikan waktu di sana, kapan waktu sholat, waktu berbuka dan waktu sahur. Kamu dapat mencari informasi waktu tersebut dengan searcing melalui internet, di sana banyak informasi yang tersedia.

Atau kamu bisa mencari informasi ke masjd-msajid terdekat dimana kamu menginap. Tentu berada di tempat yang berbeda biasanya beda pula waktu sahur dan waktu imsaknya.

Dengan mengetahui waktu sahur tersebut dapat mencegah keterlambatan menikmati santap sahur.

2Mencari Informasi Tempat Makan Buka 24 Jam

suzannita.files.wordpress.com

Lagi, informasi sangat penting. Sebelumnya carilah tahu tempat makan yang buka selama 24 jam di tempat kamu berkunjung.

Akan lebih baik lagi kamu juga cari tahu sejak pukul berapa tempat tersebut mulai penuh sehingga kamu dapat memperkirakan agar sampai sana masih kebagian tempat.

Dengan mengetahui informasi tempat makan tersebut maka kamu tak perlu repot-repot menghabiskan waktu untuk mencari tempat makan saat dini hari.

3Membawa Bekal

kumpulanceritadahlia.blogspot.com

Untuk mengantisipasi atau jaga-jaga jika kamu tidak menemukan tempat makan yang buka selama 24 jam maka membawa bekal makanan serta alat makan adalah hal yang sangat penting.

Atau misal dibutuhkan waktu lama untuk samapi ke lokasi tempat sahur maka bekal berguna untuk santapan sahur.

Makanan yang bisa dibawa misalnya beras merah, jeruk kacang merah dan lain-lain. Makanan tersebut sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks agar dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Jangan lupa siapkan air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Itulah beberpa tips sahur untuk kamu yang sedang traveling, meski puasa semoga travelingmu tetap menyenangkan.

SHARE