Perkembangan ilmu dan teknologi semakin cepat. Kita telah merasakan perubahan yang terjadi di dunia ini, terutama dalam bidang komunikasi dan informasi. Banyak informasi yang dapat kita peroleh dengan cepat. Baik informasi di dalam maupun di luar negeri.

Cukup tekan ‘Klik’ dari layar gadgetmu kamu dapat mendapatkan berbagi berita teraktual dari berbagi daerah. Itulah salah satu manfaat kecanggihan teknologi yang kita rasa.

Selain itu, berbagai aplikasi telah tercipta di jaman modern ini. Media sosial adalah salah satu akses informasi yang dapat kita gunakan dan tengah populer di kalangan masyarakat.

Disadari atau tidak, media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagi kamu pecinta sosial media berikut ada tips dan trik khusus agar kamu nyaman dalam berselancar di sosial media.

1Facebook

jcsocialmarketing.com

Jejaring sosial ini sangat populer di dunia. Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini yang salah satu manfaatnya adalah kita dapat mencari teman dan menjumpai teman lama. Berikut tips dan trik untuk berjelajah di facebook.

2Gambar Profil Bisa Diubah Menjadi Emoticon di Chat

mostepicstuff.com

Dapatkan emotikon lucu saat kamu chatingan dengan teman di facebook. Caranya ketik namamu di antara 2 tanda kurung contohnya [[Zuck]]. Dan lihatlah hasilnya.

3Menyembunyikan Informasi dari Beberapa Orang

img.hipwee.com

Kebanyakan orang suka memposting sesuatu di facebook. Namun, adakalanya sesutau yang diposting tersebut tak ingin dilihat oleh beberapa orang.

Nah, jika kamu ingin melakukan hal demikian juga, tinggal pilih menu custom di privacy dan pilih nama di kolom “Don’t share this with”. Lihatlah hasilnya, informasi yang kamu posting tersebut tidak akan muncul di berandanya.

4Menyembunyikan Postingan Teman yang Kurang dikenal

lh3.googleusercontent.com

Pengguna facebook yang memiliki banyak teman pasti mengalami kesulitan karena berandanya ramai dengan postingan orang-orang yang tidak ia kenal. Hal itu membuat ia kesulitan melihat update dari orang yang dikenal.

Caranya, bukalah halaman Friend (teman) > Acquaintance (kenalan) lalu pilih “See All Suggestions”. Kmeudian Facebook akan menampilkan siapa saja yang direkomendasikan masuk teman daftar kenalan.

Kamu pun dapat menambahkan atau mengeluarkan orang dari daftar secara manual. Nah, setelah selesai maka orang yang masuk daftar Acquaintance akan jarang muncul di newsfeed (beranda).

Kamu juga tak usah khawatir, karena mereka tidak tahu jika mereka masuk daftar tersebut, mereka tidak notifikasi tentang hal itu.

5Terlihat Offline Saat Online Di Facebook

pad3.whstatic.com

Caranya mudah, pastikan list nama temanmu yang akan terlihat offline untuk kamu. Klik logo gerigi di tempat semua pengaturan obrolan. Kemudian klik “pengaturan lanjut” makan akan muncul windows kecil yang menampilkan beberapa opsi.

Keitik nama seseorang atau beberapa teman di kolom pertama. Kamu juga bisa mematikan obrolan untuk semua teman dan klik “simpan”.

6Temukan Teman di Facebook dengan “randos”

ak-hdl.buzzfed.com

Ketikalah randos at [nama tempatmu bekerja] atau [nama asal sekolahmu]. Cara ini dapat dilakukan jika kamu ingin meihat siapa saja teman kerjamu atau teman sekolah mu dahulu yang mempunyai akun facebook dan bisa kamu ajak berteman.

7Pick and Zip Untuk Menyimpan Koleksi Foto

www.acerid.com

Kamu dapat menyimpan foto-foto mu dan foto yang mengandung tag mu dengan aplikasi Pick and Zip.

8Instagram

engagor.com

Aplikasi ini sekarang memang lagi digandrungi oleh masyarakat. Instagram merupakan layanan aplikasi berbagi foto.

Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguananya mengambil foto, mengedit, menerapkan filter ataupun membagikan foto ke situs jejaring sosial. Berikut tips untuk Instagram.

9Temukan Waktu Terbaik Kapan Harus Posting Foto

blog.iconosquare.com

Adalah Iconosquare, aplikasi yang dapat menganalisis kapan waktu yang tepat untuk mengunggah foto di instagram.

10Aktifkan Airplane Mode, Cek Kembali Foto Sebelum diposting

www.pusatgratis.com

Ubahlah mode teleponmu ke mode airplane (pesawat). Saat kamu mengambil foto-fotomu maka akan tersimpan dan tentu tak langsung terunggah ke instagram.

Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk memilih kembali foto-foto yang layak diunggah ke publik.

11Cari Tahu Temanmu Pakai Filter Atau Tidak

static.feber.se

Untuk mengetahui jika teman kamu jujur atau tidak dalam nge-post foto dengan #nofilter maka gunakan website Filerfakers. Kamu dapat memasukan link foto yang diaku-aku #nofilter dan lihatlah apakah teman mu memkai filter atau tidak.

12Pinterest

brilliantprospects.org

Ini adalah media sosial dengan konsep papan pin online, kamu mengumpulkan berbagi hal yang disuka dari website manapun kedalam pinterest untuk dibagikan ke pengguna lainnya.

Kita juga dapat menempel gambar, foto, video berupa resep, pakaian atau hal apapun yang kita sukai. Ini tips untuk Pinterest.

13Pin Sesuatu dari Facebook

pinstagramguy.com

Caranya mudah, bukalah foto yang kamu inginkan di facebook. Klik kanan dan pilih view image. Jangan lupa pastikan .jgg-URL  muncul dihalaman browsermu lalu Pin It!

14Twitter

www.boosharticles.com

Siapa yang tak kenal dengan jejaring sosial ini? Media sosial ini juga banyak digunakan. Jejaring sosial ini juga bermanfaat seperti halnya facebook hanya saja terdapat pembatasan untuk sebuah tweet dengn batas 140 karakter. Ini tips untuk twitter.

15Mengetahui Siapa yang Tidak Follow Kamu Balik

www.seoclerk.com

Gunakan aplikasi Friendorfollow untuk mengetahui siapa saja yang tidak memfollow kamu balik.

Masih banyak lagi tips lain dalam menggunakan sosial media. Itu adalah beberapa tips yang dapat kamu coba. Selamat berjelajah di dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here