Back

1. Adam Malik

www.wikiwand.com

Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera 22 Juli 1917 ini adalah salah sosok yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Siapa yang tak kenal dengan beliau.

Beliau adalah tokoh politik dengan banyak jabatan. Adam Malik pernah menjadi Menteri Perdaganagn, Menteri Luar Negeri, Ketua DPR, hingga sebagai Wakil Presiden RI ke-3 pada tahun 1978 samai 1983.

Adam Kecil sangat suka menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Ia pernah mengenyam pendidikan dasarnya di Hollandsch Inlandsch School (HIS) Pematangsari. Kemudian Adam Malik melanjutkan di Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi.

Akan tetapi pendidikannya tersebut tidak berlanjut, hanya setengah tahun saja karena beliau pulang kampung dan membantu orang tuanya berdagang.

Adam Malik memiliki keinginan untuk berbakti kepada bangsa Indonesia, pergilah ia untuk merantau ke Jakarta.

Pada usia 20 tahun Adam Malik bersama Soemarang, Sipatuhar, Armin Pane, Abdul Hakim,dan Pandu Kartawiguna mendirikan kantor berita ANTARA tahun 1937 di Jl. Pinangsia 38 Jakarta Kota.

Beliau juga aktif pada masa penjajahan Jepang. Menjelang 17 Agustus 1945, beliau menjadi salah satu tokoh yang melarikan Soekarno dan hatta ke Rengasdengklok.

Back