Dunia semakin modern, perkembangan teknologi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Dan apakah kamu merasakan perubahan yang terjadi?

Semakin canggih teknologi yang ada memudahkan kita melakukan aktivitas. Misalnya saja, saat kita ingin mengetahui kabar atau keadaan saudara kita yang berada jauh di luar kota kita cukup duduk menekan telepon.

Tidak hanya itu, adanya internet juga memberikan kemudahan. Hampir semua kegiatan di dunia nyata mulai berpindah ke dunia maya.

Pun banyak kebiasaan-kebiasaan jaman dulu yang mulai tergantikan dengan teknologi modern. Misalnya saja, anak-anak yang dulu masih suka bermain bola di lapangan bersama teman-temannya kini lebih suka bermain game bola melalui smartphone nya.

Berikut beberapa trend jaman dulu yang kini hilang ‘tergusur’ oleh media sosial.

1Dulu Buku Agenda, Sekarang Facebook

ceritaella.files.wordpress.com

Jaman dulu ketika kita ingin mencari tahu tentang informasi sesorang, kita mencarinya lewat buku agenda.

Akan tetapi sekarang buku agenda yang pernah berjaya pada masa itu telah tergantikan dengan media sosial modern, facebook.

www.saran2.com

Kita tahu bahwa facebook sekarang adalah media sosial yang digandrungi oleh banyak kalangan. Facebook memudahkan kita mengetahui identitas seseorang.

Bahkan kita bisa mengetahui apa yang dilakukan orang tersebut ataupun watak serta pemikiran seseorang melalui status yang di tulisnya.

2Dulu Buku Harian, Sekarang Blog

ayodejijeremiah.files.wordpress.com

Buku harian merupakan sebuah catatan pribadi seseorang tentang kehidupan yang dijalaninya. Berbagai kisah atau cerita yang dialami seseorang setiap harinya ditulis dalam sebuah buku.

blogerish.com

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun berkembang, munculah blog yang memiliki fungsi hampir sama dengan buku harian.

Kita dapat menulis cerita atau tulisan apapun di sana dan tentunya untuk berbagi cerita dan informasi. Bedanya, blog tidak bersifat pribadi, orang lain bisa melihat apa yang kita catat.

3Dulu Album Foto, Sekarang Instagram

subiadinata.files.wordpress.com

Momen-momen berkesan bisa kita abadikan dalam sebuah foto. Dulu, foto-foto tersebut dicetak kemudian dimasukkan dalam sebuah album foto.

bisnisanakmuda.id

Sekarang ada yang namanya aplikasi instagram. Intagram merupakan sebuah aplikasi media sosial yang memudahkan kita saling berbagi foto.

Di akun ini kita bisa mengunggah berbagai foto. Jadi kita bisa mengabadikan dan saling berbagi foto pengalaman dengan orang-orang.

4Dulu Layar Tancap, Sekarang Youtube

joglosemar.co

Pada jaman dahulu, orang-orang berkumpul ditanah lapang, berbondong-bondong membawa keluarga dan membawa bekal makanan kecil untuk melihat layar tancap.

Istilah sekarang bisa dibilang nonton bareng. Menonton layar tancap biasanya diadakan ketika ada momen-momen tertentu seperti hajatan di desa.

majalahouch.com

Namun, kini layar tancap telah tergantikan dengan youtube. Tidak hanya bisa dilihat pada malam hari dan menunggu pasar malam atau orang hajatan saja, youtube bisa ditonton kapan saja.

Kamu dapat melihat berbagai tayangan di dalamnya.

Itulah beberapa trend jaman dulu yang kini mulai tergantikan dengan media yang lebih modern dan canggih.