Seorang laki-laki yang telah meminta seorang wanita kepada walinya untuk menjadi pendamping hidupnya, berarti dia telah memintanya juga kepada Allah lewat sebuah perjanjian.

Perjanjian tersebut di sebut mitsaqan galizha atau perjanjian yang berat, yang bisa disetarakan dengan sebuah perjanjian amat kukuh kepada Allah SWT.

Sehingga wajarlah jika seseorang yang telah menikah berarti dianggap sudah menyempurnakan separuh agamanya.

Nah, sebagai seorang laki-laki yang telah menjadi seorang suami, hendaknya mereka paham pada tugas-tugas utama mereka sebagai seorang imam.

Di antaranya adalah sebagai berikut:

1Membayar Mahar atau Mas Kawin

yukbelajarislam99.blogspot.com

Seorang laki-laki yang siap menikahi seorang wanita berarti dia siap juga untuk membayar mahar pada wanita yang akan dinikahkannya.

2Memberi Nafkah Lahir Maupun Batin

persahabatanindahnya.wordpress.com

Seorang suami adalah yang utama siap memberikan nafkah kepada isterinya, baik nafkah lahir berupa materi, maupun nafkah batin.

Bagi suami, memberi nafkah adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan. Sehingga jika tidak ditunaikan maka ia berdosa kepada Allah SWT.

3Memberikan Makan Isterinya Seperti yang Dimakannya

rajashah.id

Seorang suami wajib memberikan makan kepada isterinya, seperti makanan yang dia makan. Sehingga tidak ada kesenjangan dalam kehidupan pernikahan mereka.

Begitupun dengan perlakuan lainnya, seorang suami harus adil juga memberi apa yang dia miliki dan harusnya diberikannya kepada isterinya.

4Tidak Memperlakukannya Semena-mena

yusufmansur.com

Seorang suami juga tak boleh bersikap kasar, menghina, atau merendahkan isterinya. Baik di depan orang lain atau di saat mereka hanya berdua saja.

Jika memang seorang isteri tidak bisa diatur atau membangkang, seorang suami boleh memukulnya, asal tidak di bagian wajah.

Pukulan tersebut juga bukan pukulan yang menganiaya, namun sebuah pukulan dengan tujuan mendidik karena cinta dan kasih sayang.

5Tidak Membuka Aib Isteri

therabbaanians.com

Entah kepada isteri atau bahkan siapapun, seseorang tidak boleh membuka aib orang lainnya.

Karena siapapun yang menutup aib orang lain maka Allah akan menutupkan aibnya juga.

Selain itu, membuka aib isteri juga bisa menjadi pertanda dia adalah seorang suami yang tidak amanah dan tak mampu menjaga kesetiaan isterinya.

Itulah tugas-tugas wajib yang harus ditunaikan seorang suami pada isterinya.

Bagi kamu yang merasa telah menjadi seorang suami atau calon suami, jangan sampai melalaikan tugas-tugas tersbeut ya? Hehehe.