Anak merupakan anugrah dari Sang Maha Kuasa. Karunia yang diharapkan oleh setiap orang tua pada umumnya.

Orang tua wajib mendidik dan membimbingnya agar kelak mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang bermanafaat.

Betapa bahagia dan bangganya memiliki anak yang ‘hebat’ dan selalu ceria. Sebagai orang tua tentu ingin anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Akan tetapi, terkadang dalam prosesnya tumbuh kembangnya tidak sedikit anak yang mengalami berbagai kendala.

Sehingga menyebabkan mereka mengalami beberapa hal yang kurang berkenan, seperti kesulitan belajar, berkonsentrasi ataupun bersosialisasi.

Nah, biasanya orang tua melakukan berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satu yang dapat dilakukan yakni dengan memberikan sugesti.

Adalah Andre Muller Weitzenhoffer, seorang peneliti dalam bidang hipnoterapi yang telah banyak mengeluarkan karya ilmiah.

Ia memiliki resep bagaimana cara terbaik dalam memberikan sugesti pada anak. Berikut beberapa waktu yang tepat untuk memberikan sugesti positif pada anak.

30 Menit Pertama Saat Anak Tidur

7 anak-tidur
penulispro.com

Salah satu momen yang tepat memberikan sugesti-sugesti pada anak yakni ketika anak akan tidur di malam hari. Kamu bisa memberikan perhatian dan hal-hal positif ke dalam diri mereka.

Hal ini dirasa efektif, sebab pada saat-saat itu gelombnag otak anak turun dari beta ke alpha, sehingga anak lebih mudah memahami dengan baik apa yang dikatakan orang tuanya.

30 Menit Pertama Setelah Bangun Tidur

bangun
akuanaksholeh.com

Ketika anak baru terbangun dari tidurnya, tentu kesadaran mereka belum pulih seutuhnya. Maka kondisi tersebut dapat kamu manfaatkan dengan baik.

Kamu bisa memberikan sugesti-sugesti positif kepada mereka. Hal tersebut dapat membangun energi positif pada diri anak sehingga mereka mampu mengawali hari dengan penuh semangat.

Saat Anak Asyik Menulis, Menggambar, atau Melukis

7 lukis
alumnikampus.com

Orang tua bisa memberikan sugesti postif ke dalam diri anak saat mereka melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti menulis, menggambar ataupun melukis.

Jangan lupa ucapkan kalimat-kalimat yang mengandung rasa kasih sayang dan perhatian. Buatlah anak merasakan kenyamanan. Sehingga mental yang baik akan terpupuk di dalamnya.

Sesaat Setelah Anak Marah

7 marah
alifakids.com

Anak yang marah biasanya meluapkan kekesalan yang mereka rasakan, sehingga emosi itu muncul kepermurkaan.

Setelah mereka telah meluapkan emosi tersebut, mereka akan merasakan suasana yang rileks. Nah, pada waktu itu adalah momen yang tepat untuk orang tua memberika sugesti positif pada mereka.

Sebuah fakta menyatakan bahwa sugesti-sugesti positif yang diberikan oleh orang tua sesaat setelah anak marah, membuat anak lebih mudah mengingat nasehat-nasehat dari orang tuanya.

Saat Anak Kagum atau Penasaran Pada Sesuatu

kiki widyasari mengajarkan menabung
www.rinso.co.id

Saat anak kagum terhadap apa yang mereka lihat seperti keindahan bunga, keindahan gunung, atau mainan yang mereka miliki, pada saat itu orang tua dapat memberikan sugesti kepada mereka.

Kamu bisa memberikan penjelasan sederhana tentang hal-hal itu seperti bagaimana hewan itu bisa berkembang biak, metamorfosis kupu-kupu, dan lain-lain.

Pun ketika anak dalam memiliki segudang pertanyaan dalam dirinya. Maka saat ia penasaran merupakan saat yang tepat untuk memberikan penjelasan menjawab pertanyaan mereka dan berikan sugesti-sugesti positif.

Selain waktu di atas, saat anak berada dalam pelukan mu cobalah untuk memasukkan sugesti-sugestis ke dalam diri mereka. Semoga bermanfaat.