siciqiwoel.blogspot.com

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Selalu Ingin Memuaskan Semua Orang

Posted on

Mungkin kamu pernah mendengar sebuah lagu yang di dalam liriknya berkisah bahwa dunia ini adalah panggung sandiwara. Di mana tiap orang dalam panggung itu memerankan orang lain guna memuaskan para penonton yang hadir dipertunjukan tersebut. Pertanyaannya, benarkah seperti itu?

Benarkah semua orang di dunia ini bersandiwara?

Tepatnya sih mungkin bukan bersandiwara, namun melakukan sesuatu sesuai dengan perannya. Sehingga karakter yang muncul disesuaikan dengan siapa mereka berhadapan, kondisi yang sedang dihadapi, dan sebagai apa mereka dalam situasi tersebut. Salahkah jika kita bersikap seperti itu? Tentunya jawabannya tidak, yang salah adalah jika kita melakukan segala sesuatu hanya demi memuaskan orang lain.

Dari ilustrasi di atas, mungkin kamu pun kemudian bertanya-tanya, apa salahnya melakukan sesuatu guna memuaskan orang lain? Bukankah membuat orang lain bahagia dan merasa puas dengan apa yang kita lakukan itu ibadah? Di kondisi seperti itu mungkin memuaskan orang lain adalah sebuah pilihan yang baik.

Namun apakah kita bisa memuaskan semua orang di setiap kesempatan? Tentunya tidak bukan? Lalu apa jadinya jika kita memaksakan diri untuk memuaskan setiap orang? Jika hal ini kamu lakukan, maka kamu harus bersiap berada dalam kondisi seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Merasa Semua yang Kamu Lakukan Salah

plimbi.com
plimbi.com

Satu hal yang perlu kamu ingat ketika berinteraksi dengan orang lain, bahwa tiap orang itu punya sudut pandang yang berbeda-beda, punya pemikiran yang beda, dan punya latar belakang masa lalu dan budaya yang beda juga. Jadi karena banyak faktor pembeda inilah, maka tiap orang punya penilaian yang berbeda-beda akan sesuatu.

Jika kita melakukan sesuatu dengan alasan ingin memenuhi kepuasan semua pihak, maka sepertinya ini mustahil terjadi. Misalnya saja saat kamu memutuskan untuk jadi seorang pedagang, mungkin ada sebagian orang yang sangat senang dengan pilihan kamu, namun sebagiannya lagi bisa jadi menolak bahkan menentang pilihan kamu.

Melakukan Sesuatu yang Bertentangan dengan Hati

artikel.masjidku.id
artikel.masjidku.id

Bagian paling sulit dari menjalani hidup adalah mendengarkan pendapat orang lain. Kenapa begitu? Karena kita lebih dibiasakan untuk berbicara ketimbang mendengarkan. Jadi, ketika kita terbiasa mendengarkan pendapat orang lain, tentunya hal ini merupakan perbuatan yang baik.

Namun, Jika semua tindakan selalu dilakukan berdasarkan pendapat orang lain, apakah kita yang menjalaninya akan nyaman? Bukankah sesuatu yang dilakukan dari hati dan tercetus dari pemikiran sendiri justru mampu mengeluarkan potensi diri yang  luar biasa? Dan bukankah hidup itu perlu keseimbangan? Antara pendapat dari luar diri dan pendapat dari hati.

Takut Melangkah Karena Ingin Dipandang Sempurna

loperonline.com
loperonline.com

Orang yang selalu ingin dipandang sempurna oleh orang di sekitarnya, biasanya lebih takut untuk melangkah, lebih takut untuk melakukan sesuatu dan lebih takut untuk melakukan kesalahan jika memutuskan sesuatu.

Dengan ketakutan-ketakutan ini, maka mereka lebih memilih untuk bertahan di zona nyamannya dan tidak tertantang untuk melakukan hal baru yang memiliki potensi dalam pengembangan dirinya.

Sedih Mendalam Jika Tidak Mendapat Apresiasi

infotipsbermanfaat.blogspot.com
infotipsbermanfaat.blogspot.com

Jika kita selalu ingin dipandang baik di mata semua orang, maka kita akan tumbuh menjadi pribadi yang haus akan apresiasi. Dan sekalinya kita tidak mendapatkan apresiasi atas apa yang kita lakukan, maka kita akan merasa sedih yang begitu mendalam.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *