“Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar-bena meliputi segala sesuatu.” (QS At Talaq 12).

www.wovgo.com
www.wovgo.com

Bumi sebagai tempat tinggal manusia dan berbagai makhluk ciptaan Allah lainnya oleh para ilmuwan diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun. Tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa kita hidup di bumi yang semakin renta.

Berbagai peristiwa anak manusia telah bergulir dari zaman Nabi Adam dan Hawa sampai umat Nabi Muhammad saat ini. Salah satu misteri bumi adalah apa yang sebenarnya ada di inti bumi.

Beberapa fakta ilmiah tentang inti bumi di bawah ini akan membuatmu takjub dan semakin tunduk dengan kebesaran Allah.

1Suhu Inti Bumi

www.nalders.wordpress.com

Suhu inti bumi berdasarkan beberapa penelitian diperkiakan mencapai 6000C. Jika dibandingkan dengan suhu air mendidih yang hanya 100C maka tingkat panasnya tidak ada apa-apanya.

Suhu inti bumi ini hampir sama dengan suhu permukaan matahari.

2Inti Paling dalam Bumi Masih Misteri

www.bukanhanya.com

Telah dilaporkan dalam jurnal Nature Geoscience bahwa tim peneliti dari Cina dan Amerika Serikat melaporkan bahwa inti paling dalam dari Planet Bumi memiliki daerah yang berbeda di pusatnya.

Struktur logam pada inti bumi berbeda dengan yang ditemukan di bagian luar bumi. Sejauh ini tidak mungkin melakukan pengeboran hingga ke inti bumi untuk menemukan fakta apa yang sebenarnya ada di inti bumi.

Oleh karena itu inti bumi masih menjadi misteri. Ilmuwan-ilmuwan hanya meneliti gema akibat gempa untuk mengkaji inti bumi. Mereka menganalisis bagaimana gema berubah saat bergerak menembus sejumlah lapisan planet.

3Perbedaan Pendapat Mengenai Jumlah Lapisan Bumi

www.boombastis.com

Ada perbedaan pendapat mengenai jumlah lapisan bumi dikalangan para ilmuwan. Pendapat yang paling terkenal adalah bahwa bumi terdiri dari 7 lapisan. Lapisan tersebut di antaranya litosfer, mantel atas, mantel tengah, mantel bawah, lapisan D, inti luar, dan inti dalam.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa bumi hanya terdiri dari 4 lapisan. Secara umum lapisan tersebut hampir sama, hanya pengelompokannya saja yang berbeda.

Lapisan pertama adalah kerak bumi. Lapisan ini hanya berada pada 10 kilometer di bawah samudra dan 50 kilometer di bawah benua.

Semakin kamu masuk ke dalam bumi, maka suhu semakin meningkat. Hal ini senada dengan sebuah dasar tambang terdalam di Afrika Selatan. Jika kamu berada disana maka kamu merasakan suhu 55C.

www.fileq.wordpress.com
www.fileq.wordpress.com

Lapisan kedua disebut sebagai Mantel. Lapisan ini berada pada 2900 kilometer dari tempat kamu berdiri sekarang. Di dalam lapisan ini batu-batuan berwujud seperti plastik saking panasnya.

Apakah kamu pernah melihat gambar lava yang keluar saat gunung berapi mengalami erupsi? Seperti itulah gambaran cairan bumi yang kamu temui di lapisan mantel.

Lapisan ketiga adalah inti luar. Tak seperti lava pada lapisan kedua yang berasal dari batuan, lapisan ketiga ini berasal dari logam, tepatnya besi. Kamu dapat membayangkan bahwa pada lapisan ini terdapat lautan besi panas.

Lapisan keempat dan yang terakhir adalah inti dalam. Pada inti dalam ini kamu akan menemukan bola besi raksasa. Massa inti dari bola besi paling dalam sangat kecil atau hanya sekitar 1,7% massa planet bumi seluruhnya.

Mengapa bola besi yang sangat panas ini tidak mencair seperti pada lapisan lainnya? Hal ini dikarenakan pada lapisan terakhir dihimpit dan ditekan dari segala arah oleh inti luar, mantel, dan kerak.

www.alquranmulia.wordpress.com
www.alquranmulia.wordpress.com

Wallahualam, hanya Allah yang tahu apa yang sebenarnya ada di inti bumi. Namun, suatu hari nanti bumi akan mengeluarkan apa yang ada di dalamnya pada hari kiamat seperti pada Al Qur’an Surat Al Zalzalah ayat 2.

SHARE